oleh

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU-Bawaslu Sigi Genjot Sosialisasi

PALU EKSPRES, SIGI-Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilkada Kabupaten Sigi tahun 2020, KPU dan Bawaslu Sigi akan menggenjot sosialisasi di wilayah terpencil, sekolah, di kantor-kantor maupun di tempat lainnya.
“Kami akan melakukan sosialisasi dibeberapa titik prorioritas di daerah terpencil, hal ini kita lakukan agar supaya pemilih yang sebelumnya tidak menggunakan hak pilihnya pada Pilpres maupun Pileg, pada Pilkada nantinya diharapkan para pemilih tersebut dapat menggunakan hak pilihnya,”ujar Ketua KPU Sigi Hairil, Selasa, 17 Desember 2019.

Ia mengakui sesungguhnya sosialisasi ini sudah kerap kali dilakukan demi terciptanya pemilih cerdas dan meningkatnya hak pilih pada pemilih setiap pesta demokrasi yang dilakukan, baik itu tingkat pusat maupun daerah.
Namun masih banyak masyarakat yang bermasa bodoh menyalurkan hak pilihnya pada pesta demokrasi.
“Oleh karena itu, pemikiran seperti inilah yang kita usahakan rubah kedepan,agar supaya masyarakat dapat berpikiran cerdas untuk menyalurkan hak pilihnya pada pesta demokrasi,” kata Hairil.

Hal yang sama dikatakan Ketua Bawaslu Sigi Steni Marini Pettalolo. Ia menegaskan pada intinya kalau pihaknya selalu siap berkoloborasi dengan pihak KPU dalam rangkat meningkatkan partisipasi pemilu pada Pilkada 2020.
“Kita sebagai pihak penyelengara permilu, sudah seyogyanya kita melakukan kerjasama dengan baik, agar supaya pemilu bisa berjalan lancar dan partispasi pemilih meningkat dari yang sebelumnya,” akunya.

Selanjutnya kata Steni, untuk pengawasan dan pencegahan poltik hitam dan money politik, pihaknya juga saat ini menggenjot sosialisasi kepada masyarakat. Tujuannya semata-mata agar pada Pilkada nantinya tidak ada temuan atau laporan terkait adanya pelanggaran money politik atau melakukan politik hitam.
“Untuk PNS dilingkup Pemda Sigi maupun PNS lainnya kita ingatkan agar jangan sekali-kali ikut politik praktis, sebab kalau ada kita temukan PNS melakukan itu tentu akan mendapatkan sanksi keras sesuai atauran yang ada,” tegasnya.

Kabupaten Sigi merupakan salah satu dari beberapa Kabupaten di Provinsi Sulteng yang akan melaksanakan Pilkada serentak pada tahun 2020 mendatang.

KPU Sigi sendiri sudah menggelar Launching Tahapan Penyelenggaraan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sigi untuk Pilkada Serentak 2020 pekan lalu di halaman Kantor KPU Sigi.

Kaban Kesbangpol Kabupaten Sigi, Udin Djamadin saat launching itu mengungkapkan, bahwa Pemda Kabupaten Sigi sangat mendukung segala tahapan Pilkada yang akan dilakukan pihak KPU Sigi.

”Pemda Sigi berharap penyelenggaraan tahapan pilkada serentak kedepannya mulai dari tahapan awal hingga pada tahapan akhir tidak ada gejolak, dan itulah tanggung jawab kita bersama,” pintanya.

Ia pun mengajak semua pihak agar dapat mensosialisasikan agar masyarakat mengetahui bahwa tanggal 23 September 2020 adalah perayaan pesta demokrasi di Kabupaten Sigi, yang merupakan salah satu kabupaten yang melaksanakan Pilkada Serentak di Provinsi Sulteng. (mg4/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed