Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Tindaklanjuti RDP, Komisi 1 DPRD Sigi Tinjau Huntara Desa Bangga

0 6

PALU EKSPRES, SIGI – Komisi I DPRD Kabupaten Sigi mengunjungi kompleks pengungsi hunian sementara atau huntara Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan.
Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sigi yang hadir dalam kunjungan itu adalah Hikmah Ladjidji, Sumi, dan Yakub Ntango.

Anggota Komisi I DPRD Sigi Hikmah Ladjidji mengatakan kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari hasil rapat dengar pendapat (RDP) dengan para camat se Kabupaten Sigi, termasuk Camat Dolo Selatan.
“Jadi beberapa waktu lalu kami telah melakukan RDP dan ini merupakan tindak lanjut dari RDP itu. Kami ingin mengetahui langsung apa saja persoalan yang dialami para pengungsi di huntara ini. Olehnya kami berkunjung langsung ke lokasi,” ungkap Hikmah.

Menurutnya, setelah melakukan kunjungan ada berbagai persoalan yang didapat dari laporan para pengungsi di Desa Bangga, antara lain masalah pembuangan limbah air huntara di Dusun 3 dan Dusun 2 maupun listrik yang dibebankan ke pengungsi.
“Kan infonya dulu bahwa listrik di huntara itu tidak dibebankan kepada pengungsi dalam dua tahun pasca bencana. Makanya masalah ini kami tampung untuk ke depan kami tindak lanjuti pula. Ada pula masalah pembuang limbah air atau septitank di Dusun 3 yang perlu kami konfirmasi ke depan dengan instansi terkait, karena sudah rusak,” ujarnya, Selasa, 10 Desember 2019.

Dalam kunjungan itu, Komisi I juga memperoleh keluhan soal belum normalnya aktivitas perekonomian masyarakat pasca bencana gempa tahun 2018 lalu dan banjir bandang tahun ini.

Olehnya, ia mengaku pihaknya akan berkoordinasi pula dengan dinas terkait, seperti Dinas Koperasi dan UMKM maupun Dinas Ketenagakerjaan serta Dinas Sosial (Dinsos).
“Kami tentu berharap perlahan ke depan aktivitas perekonomian para pengungsi bisa terus membaik, dengan dukungan Pemda khususnya OPD terkait,” jelasnya.

Sementara itu Camat Dolo Selatan Jalil mengugkapkan, rasa terima kasihnya pada pihak DPRD Sigi khusunya Komisi 1 yang sudah melakukan kunjungan langsung di Dolo Selatan.
” Semoga apa yang menjadi usulan masyarakat di Huntara Desa Bangga pada khususnya dan Kecamatan Dolo Selatan pada umunya dapat terpenuhi,”tuturnya. (Mg4/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: