Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Bupati Banggai Terima Penghargaan dari BPK

0 9

PALU EKSPRES, LUWUK – Dalam rangka memperingatan Hari Anti Korupsi se Dunia (HAKORDIA) Tahun 2019, Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim, MM, menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin.

Penghargaan tersebut berupa apresiasi kepada Pemerintah Daerah Terbaik dalam melaksanakan Aksi Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi (Korsupgah) secara nasional, Senin (9/12/2019), bertempat di Gedung Merah Putih KPK RI, Jakarta.
Kegiatan Korsupgah ini didasari pada kewenangan KPK, yakni koordinasi, supervisi dan monitoring kegiatan pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah, sebagaimana amanat UU No. 30 tahun 2002, khususnya pasal 6, 7, 8 dan 14.

KPK juga melihat tata kelola pemerintah baik pusat maupun pemerintah daerah belum menunjukkan paradigma pembangunan yang ideologis. Maksudnya, terminologi ideologis merujuk atas Preambule UUD 45, khususnya Pasal 33 (ayat 3) UUD 1945, di mana kebijakan ini belum berpihak pada rakyat, padahal yang berdaulat itu rakyat. Itulah sebab kajian dilakukan yang kemudian ditindaklanjuti dengan kegiatan Korsupgah. 
Selain Bupati H. Herwin Yatim, Bupati Lamongan, Jawa Timur, H. Fadeli, SH. MM, dan Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, juga mendapat penghargaan yang sama.

Adapun peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di Gedung Merah Putih KPK dihadiri sejumlah pejabat pemerintah pusat, seperti Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, dan Menkominfo Johnny G Plate.
Kemudian, beberapa kepala daerah juga tampak hadir, antara lain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Beberapa toloh lainnya juga terlihat hadir, seperti Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPD La Nyalla Mattaliti, Ketua DPP PDI-P Djarot Saiful Hidayat, dan Kepala Baharkam Polri yang juga Ketua KPK terpilih, Komjen Firli Bahuri. (Humas/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: