Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Chaerul Tanjung Serahterimakan Fasilitas Pendidikan Terdampak Bencana di Sulteng

0 12

PALU EKSPRES, PALU– Caherul Tanjung bersama rombongan berkunjung ke Kabupatem Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (7/12/2019). Kunjungan pertama pada hari itu dipusatkan di SD Negeri 1 Lolu, Sigi Biromaru untuk meresmikan sekaligus serah terimakan fasilitas pendidikan dan rumah ibadah terdampak gempa dan tsunami Sulawesi Tengah.

Presmian dan serah terima ini sebagi realisasi dan pertanggungjawaban CT Corp atas donasi yang diterima dari pemirsa maupun pembaca melalui program Dompet Amal Transmedia, Mega Berbagi, sumbangan Transmart Carrefour, Asuransi Umum Mega serta CT ARSA Fondation.

Chaerul Tanjung dan Gubernur Sulteng Longki Djanggola menandatangani prasati pembangunan SD Negeri 1 Lolou, Sabtu (7/12/2019). Foto: Abidin/PE

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dan beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Wali Kota Palu Hidayat  dan jajarannya,  serta Bupati Sigi Irwan Lapatta dan jajarannya  menyambut kedatangan Chaerul Tanjung bersama rombongan di SD Negeri 1 Lolu.

Sementara dari kelompok usaha CT Corp hadir Chaerul Tanjung selaku Chairman CT Corp, Ketua CT ARSA Fondation  Anita Ratnasari Tanjung, Komisaris Utama Bank Mega Syariah Prof. Muhammad Nuh, CEO Transmedia Atiek Nur Wahyuni, Dirut Bank Mega Kostman Thayib serta jajaran Komisaris dan Direksi unit usaha CT. Corp.

Presmian dan serah terima ini setelah sebelumnya dilakukan peletakan batu pertama pada 9 Desember 2018 yang mengawali dimulainya pembangunan kembali fasilitas pendidikan dan rumah ibadah terdampak bencana gempa dan tsunami di Palu, Sigi, dan Donggala.

Bupati Sigi Irwan Lapatta dalam sambutannya mengatakan sekitar Rp 11, 1 triliun nilai kerusakan infrastruktur yang terdampak bencana 28 September 2018 di Kabupaten Sigi. “Ini yang sempat terdata lalu,” kata Irwan.

Selanjutnya kata Irwan, Pemkab Sigi mengusulkan Rp21,1 trililun ke Pemerintah Pusat untuk penanganan pemulihan bencana di kabupaten ini. Dana tersebut di antaranya diperuntukan untuk penanganan infrastruktur sekolah yang rusak.

Menurut Irwan, 41 sekolah mengalami kerusakan dan sudah tertangani hampir 90 persen.

“Salah satunya yang membantu adalah CT Corp ini.  Alhamdulillah kami tidak bisa membalas semua ini. Allah yg bisa membalas semua,” kata Irwan.

Gubernur Longki Djanggola pada kesempatan tersebut mengapresiasi kepedulian Caherul Tanjung beserta  CT Corp dan jajarannya.

“Terima kasih dan penghargaan yang sebesarnya dari warga masyarakat Sulteng kepada keluarga besar CT Corp dan pihak-pihak yang telah menyalurkan dananya sehingga dapat membantu mempercepat pembangunan kembali seluruh fasilitas yang terdampak bencana di Provinsi Sulteng,” kata Longki.  

Sementara itu Chairman CT. Corp  Chaerul Tanjung mengatakan dengan selesainya pembangunan fasilitas pendidikan dan rumah ibadah ini, tentunya anak-anak bisa kembali belajar di tempat yang lebih baik dan nyaman. Begitupula masyarakat bisa menjalankan ibadah dengan khusyu di tempat yang lebih layak.

“Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada segenap pemirsa dan pembaca Transmedia, para nasabah program tabungan mega berbagi, transmart carrefour, asuransi umum mega dan CT ARSA Fondation yang telah bersama-sama mewujudkan pembangunan ini,” kata Chaerul tanjung.

Ia menjelaskan 9 sekolah dan 3 rumah ibadah yang dibantu oleh CT Corp di Sulteng yang tersebar di sembilan lokasi berbeda.  Menurutnya, semuanya sudah selesai pembangunannya  dan sudah digunakan.

“Belum satu tahun dan semuanya sudah dituntaskan,” katanya.

Beberapa bulan lalu katanya,  sebenarnya sudah ada beberapa sekolah dan rumah ibadah yang sudah tuntas pembangunannya. Tapi  Caherul Tanjung mengaku belum bersedia meresmikan dan menyerahterimakan.   “Karena kami ingin tuntas semuanya baru diresmikan,” ujarnya.

Setelah meresmikan gedung SD Negeri 1 Lolu, Chaerul Tanjung dan Gubernur Longki Djanggola beserta rombongan meninjau langsung ke semua titik lokasi yang telah selesai dibangun.

Adapun fasilitas pendidikan dan rumah ibadah yang diresmikan dan diserahterimakan  tersebut, adalah MI/MTs An Nur Buuts di Kelurahan Kabonena, Kecamatan Palu Barat; SMA Lab School Untad Palu di Jalan Setia Budi, Kelurahan Besusu Tengah, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu; SD Inpres Lolu di Desa Lolu, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi; SDI Modern Yoto Djanggola di Desa Jonooge, Kabupaten Sigi; SMA Negeri 1 Banawa di Kelurahan Maneli, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala; MAS Alkhairaat Biromaru, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi; SMK PGRI Tanamodindi, Kelurahan Tanamodindi, Kota Palu; SD dan SMP Advent Kelurahan Nunu, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu. Sedangkan rumah ibadah yang diresmikan adalah Masjid Al Ikhlas, Kelurahan Donggala Kodi, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu; Masjid Nur Assadah Kelurahan Boyaoge, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, serta Masjid Iqra di Kelurahan Kabonena, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu. (fit/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: