Bacaan Utama Masyarakat Sulteng
PT IMIP

Bayaran Anthony Joshua Tembus Rp 552 Juta Per Detik

Anthony Joshua vs Andy Ruiz Jilid II

0 10

PALU EKSPRES-Duel jilid II Anthony Joshua vs Andy Ruiz, besok (7/12/2019), memang dilabeli salah satu pertarungan termegah sepanjang 2019. Tak heran jika uang yang ditawarkan kepada kedua petinju juga bikin pening kepala. Joshua mencatat rekor baru pendapatan terbanyak untuk seorang petinju asal Inggris.

Anthony Joshua datang ke Arab Saudi dengan tekat merebut kembali empat sabuk juara dunia kelas berat (WBA, IBF, WBO, dan IBO) yang dirampok Ruiz enam bulan lalu.

Sampai saat ini, memang banyak yang belum percaya seorang Joshua bisa tumbang di tangan Ruiz.

Karena itu pula, meski datang sebagai penantang, nama Joshua tetap jauh lebih diunggulkan. Ruiz yang jelas-jelas merupakan pemegang empat sabuk juara dunia kelas berat saat ini seperti tidak diperhitungkan. Termasuk oleh rumah-rumah bursa taruhan yang lebih tertarik dengan nama besar Joshua.

Hal tersebut juga tampak dari perbedaan bayaran yang akan diterima kedua petinju. Dengan nama besar dan daya tarik yang dimilikinya, Joshua akan mendapat income berkali-kali lipat lebih besar daripada lawannya itu.

Angkanya bahkan sampai memecahkan rekor bayaran termahal bagi petinju Inggris dalam sejarah. Yakni, GBP 66 juta (Rp 1,2 triliun). Angka tersebut jauh lebih besar ketimbang bayaran Joshua pada duel pertama kontra Ruiz enam bulan lalu yakni GBP 18 juta (Rp 332 miliar).

Rekor bayaran termahal untuk petinju Inggris sebelumnya dipegang Ricky Hatton. Itu terjadi saat dia bersua Floyd Mayweather Jr pada 2007 lalu. Hatton saat itu mengantongi bayaran GBP 20 juta (Rp 369 miliar).

Angka yang didapat Joshua tersebut belum termasuk sharing profit dari penjualan hak siar pay per view. Sky Sports sudah mematok tarif GBP 24,95 (Rp 460 ribu) untuk menyaksikan laga itu.

Joshua sendiri berusaha mengecilkan pendapatannya. Petinju 30 tahun itu mengingatkan semua pihak bahwa angka yang tersebar di media tersebut belum terpotong berbagai macam urusan.

Termasuk pajak dan bayaran untuk pelatih maupun anggota timnya. ’’Jika Anda sadar, sebenarnya yang sampai ke kantongku hanya 30 sampai 40 persen dari itu,’’ ucap peraih emas Olimpiade London 2012 tersebut.

Joshua juga mengaku tidak seberapa memikirkan bayaran yang diterimanya. Bagi dia, sudah terlalu banyak hal yang dikorbankannya untuk berkarir di tinju profesional. Fokusnya saat ini hanya ingin kembali menjadi yang terbaik di kelas berat. ’’Medali dan gelar jauh lebih penting untukku. Meski, aku sadar suatu saat semua itu akan jatuh ke tangan orang lain,’’ tambahnya.

Meski angkanya mencengangkan, sejatinya laga AJ vs Ruiz kedua tersebut bukan yang terbesar sepanjang masa. Sejauh ini, rekor pertarungan termahal masih dipegang Floyd Mayweather ketika menghadapi pertarung UFC Conor McGregor 2017 silam.

Lantas, berapa bayaran untuk Ruiz? Angkanya benar-benar anjlok jika dibandingkan dengan Joshua. ’’Hanya’’ GBP 10 juta (Rp 184 miliar).

Menurut sumber koran Inggris The Sun, angka tersebut sudah lumayan naik. Sebelumnya, dalam negoisasi awal, angka yang muncul untuk Ruiz malah hanya GBP 7 juta (Rp 129 miliar).

Bayaran Anthony Joshua untuk rematch vs Andy Ruiz Jr

Total : GBP 66 juta (Rp 1,2 Triliun)

Per Ronde : GBP 5,5 juta (Rp 101 Miliar)

Per Menit : GBP 1,8 juta(Rp 33,7 Miliar)

Per Detik : GBP 30 ribu (Rp 552 Juta)

Duel dengan Pendapatan Terbanyak dalam Sejarah (Tiga Besar)

1. Floyd Mayweather Jr vs. Conor McGregor, Agustus. 2017

Bayaran Mayweather : USD 275 Juta (Rp 3,8 Triliun)

Bayaran McGregor : USD 85 Juta (Rp 1,1 Triliun)

2. Floyd Mayweather Jr vs. Manny Pacquiao, Mei 2015

Bayaran Mayweather :USD 250 Juta (Rp 3,5 Triliun)

Bayaran Pacquiao : USD 150 Juta (Rp 2,1 Triliun)

3. Floyd Mayweather Jr vs. Saul “Canelo” Alvarez, September 2013

Bayaran Mayweather : USD 80 Juta (Rp 1,1 Triliun)

Bayaran Alvarez : USD 12 Juta (Rp 169 Miliar)

(irr/c22/cak/jpc)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: