Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

202 Nelayan Palu Dibantu Katinting Berbahan Bakar Gas

0 14

PALU EKSPRES, PALU– Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia dan PT Pertamina melaksanakan program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi nelayan di Kota Palu.

Program konversi ini dilakukan dengan penyerahan bantuan sebanyak 202 unit mesin katinting berbahan bakar gas kepada nelayan. Penyerahannya dilaksanakan Kamis 5 Desember 2019 di Jalan Komodo Palu.

Wali Kota Palu yang hadir langsung dalam penyerahan itu menyebut, bantuan tersebut merupakan upaya memenuhi sarana melaut atau tangkap ikan bagi nelayan di Palu. Yang juga ikut terdampak bencana gempa, tsunami dan likuefaksi setahun silam.

“Mesin ini merupakan bantuan dari Kementerian ESDM RI. Namun upaya-upaya kita dalam hal ini juga dibantu Sekretaris Utama BNPT, Marsma TNI Dr. Asep Adang Supriyadi yang merupakan kawan saya sewaktu menempuh pendidikan Lemhanas dulu,”ungkap Hidayat.

Hidayat mengatakan jumlah bantuan mesin katinting dinilai masih kurang. Pasalnya terdapat sekitar 815 nelayan terdampak bencana. Dan seluruhnya memiliki identitas kartu nelayan berdasarkan data pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kota Palu.

Untuk hal itu, Hidayat mengaku Pemkot melalui dinas terkait akan berencana kembali mengajukan bantuan mesin katinting berbahan gas tersebut kepada Kementerian ESDM. Dengan jumlah usulan sebanyak 250 unit.

Pascabencana, pihaknya lanjut Hidayat sudah menyalurkan bantuan sebanyak 300 unit perahu bagi nelayan dengan sumber dana dari APBD Palu. Namun menurutnya masih terdapat sekitar 250 unit perahu yang belum memiliki mesin katinting.

“Makanya kita harap Kementerian ESDM bisa membantu lagi para nelayan di kota Palu,”harapnya.

Hidayat berharap bantuan mesin katinting ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya para nelayan sebagai modal utama kelangsungan hidup pascabencana setahun silam.

“Semoga ini bisa membantu nelayan kita untuk memulai kembali hidupnya,”pungkas Hidayat. (mdi/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: