Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Kekurangan Dana, Jadup Tahap Berikutnya Belum Tersalurkan di Sigi

0 13

PALU EKSPRES, SIGI– Bantuan Jaminan Hidup atau Jadup korban bencana di Kabupaten Sigi tahap II,III dan IV sampai saat ini belum tersalurkan.

Pasalnya kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sigi, Sitti Ulfa, masih kekurangan dana sebesar Rp 33 miliar.
“Untuk penyaluran bantuan Jadup tahap II,III dan IV bagi korban bencana di Kabupaten Sigi memang sampai saat ini belum bisa disalurkan, karena dana bantuan Jadup masih kurang Rp 33 miliar,” kata Ulfa, Rabu, 27 November 2019.

Ulfa menjelaskan, dari dana bantuan hibah dari luar negeri kepada Kementrian Sosial sebesar Rp 43 Miliar untuk bantuan Jadup korban bencana di Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi sisa Rp 6,3 miliar, karena sudah disalurkan di tahap pertama.
“Sisa dana bantuan Jadup tinggal Rp6,3 miliar, olehnya kalau penyaluran dana jadup tahap II,III dan IV ingin disalurkan tentu dana bantuan Jadup harus terpenuhi yaitu sebesar Rp 33 miliar,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata Ulfa, dana bantuan Jadup Rp 33 miliar akan diperuntunkan bagi 55 ribu jiwa korban bencana.
“Terkait usulan kami tentang kekurangan dana bantuan Jadup ke Pemerintah Pusat, pihak Kementerian Sosial telah mengusulkan lewat Banggar untuk memasukkan dana jadup Rp 33 miliar melalui hibah dalam negeri lewat APBN,” terangnya.

Ia berharap, usulan Kementerian Sosial terkait dana bantuan Jadup tersebut dapat direalisasikan secepatnya agar puluhan ribu warga korban bencana dapat segera mendapatkan dana Jadup. (mg4/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.