Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Warga Loli Saluran Kabupaten Donggala Protes Keberadaan Tambang

0 33

PALU EKSPRES, DONGGALA– Warga Desa Loli Saluran, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala protes terhadap keberadaan Tambang Galian C yang berada dekat permukiman masyarakat.Hal tersebut dikemukakan Ahmadi warga setempat kepada media ini. Kata dia, PT. Hamparan yang sebelumnya sudah pernah tutup dan tidak beroperasi diduga ijin usaha pertambangannya telah habis masa berlakunya tahun 2018 kembali akan melakukan eksplorasi di desa mereka.
“Setahun lalu sudah prrnah angkat kaki lantaran kolep, namun saat ini akan kembali melakukan aktifitas,” ujarnya.

Dikatakannya, IUP perpanjangan seharusnya dirapatkan untuk meminta persetujuan kepada nasyarakat, untuk mendapat rekomendasi dukungan warga terdampak, hanya saja diduga Plt Kades Loli Saluran, Arif Saleh, telah menandatangani surat dukungan secara sepihak. Ia meminta pemerintah Kabupaten Donggala, dan dewan untuk menyahuti tuntutan warga Loli Saluran, agar dimediasi dengan pihak perusahaan tambang guna menyelesaikan persoalan yang ada.

“Sudah dilakukan pertemuan di kantor desa dihadiri apar desa dan pihak perusahaan belum ada kata kesepakatan terhadap keberadaan peruhaan namun tiba tiba rekomendasi surat dsri pemerintah desa diterbitkan,” ujarnya.

Senada dengan itu, Salim warga Desa Loli Oge, menyebut dampak dari kegiatan tambang di desanya menyebabkan sumber air bersih mandek. Sulitnya masyarakat mendapatkan air bersih papar Salim menimbulkan resistensi ditengah masyarakat. Sumber air bersih dari sumber mata air di Loli permandian sudah kering. “Kami hanya bisa memdapat air dari desa lain dengan cara mengisi jerigen untuk kebutuhan rumah tangga mandi cuci kakus,” pungkas dia. (mg6/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.