Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

APBD Sigi 2020 Diplot Rp 1,2 Triliun

0 14

PALU EKSPRES, SIGI– DPRD Kabupaten Sigi menggelar rapat paripurna kesebelas, masa persidangan pertama tahun sidang 2019-2020, Selasa, 12 November 2019.

Sidang dengan agenda jawaban Bupati atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap Ranperda Kabupaten Sigi tentang APBD tahun anggaran 2020 dan penjelasan Bupati Sigi atas pengajuan empat buah Ranperda Kabupaten Sigi itu, dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Sigi Moh. Rizal Intjenae.

“Kami sangat mengapresiasi dan akan mengakomodir segala saran dan kritik serta masukan dari fraksi-fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Sigi,” kata Bupati Sigi Moh. Irwan.

Bupati sigi mengaakan saran maupun kritik yang diberikan fraksi-fraksi, merupakan wujud kepedulian dewan terhadap Ranperda APBD tahun 2020. “Olehnya, kami mengucapkan terima kasih atas hal itu,” ungkapnya.

Rancangan APBD tahun 2020 kata Irwan, akan mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya, yakni dari Rp1,1 triliun lebih, naik sekitar 0,96 persen atau sebesar Rp 1,2 triliun lebih di tahun 2020 mendatang.
“Untuk itu kita semua baik itu dari pihak Pemda maupun Dewan untuk bersama-sama dapat mewujudkannya,” kata Irwan.

Setelah mendengar penyampaian jawaban Bupati Sigi atas pertanyaan, saran dan masukan yang disampaikan oleh masing-masing fraksi, maka Pimpinan Dewan berpendapat, bahwa apabila masih ada fraksi-fraksi yang belum puas terhadap jawaban bupati tersebut, maka pembahasannya akan dilanjutkan pada tingkat pembicaraan selanjutnya.

“Selanjutnya akan dilakukan penetapan Banggar, yang akan membahas Ranperda Kabupaten Sigi tentang APBD Tahun anggaran 2020, hal ini sesuai ketentuan pasal 21 ayat (1), (2), dan (3) peraturan DPRD Nomor 1 tahun 2018 tentang Tatib yang menyatakan bahwa APBD, APBD perubahan dibahas oleh Banggar DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Sigi,” kata Ketua DPRD Kabupaten Sigi Moh.Rizal Injenae.

“Adapun waktu pembahasan sesuai jadwal yang ditetapkan oleh badan musyawarah (Bamus) selama 9 hari kerja, mulai hari ini selasa, tanggal 12 november 2019, sampai dengan harikamis, tanggal 22 november 2019,”terang Rizal.

Sementara itu, Bupati Sigi dalam rapat paripurna tersebut juga menjelaskan soal pengajuan 4 buah Ranperda Kabupaten Sigi, yaitu Ranperda tentang penyelenggaraan kesejateraan sosial bagi penyandang masalah kesejateraan sosial dan potensi sumber kesejateraan sosial, Ranperda tentang pengelolaan air minum, Ranperda tentang penyertaan modal daerah pada PT. Bank Sulteng, dan Ranperda tentang pembentukan Kecamatan Sigi Kota.

“Sebagai tahapan pembahasan selanjutnya yaitu pandangan umum fraksi-fraksi atas penjelasan Bupati Sigi terhadap pengajuan empat buah Ranperda Kabupaten Sigi, sesuai jadwal akan dilaksanakan pada hari kamis tanggal 14 november 2019,”kata Ketua DPRD Sigi Moh.Rizal. (mg4/palu ekspsres)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.