Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

SD Inpres 1 Talise, Gali Potensi Siswa Melalui Literasi

0 29

PALU EKSPRES, PALU- Berbagai metode dilakukan oleh pihak sekolah untuk menggali potensi yang dimiliki oleh para murid. Di SD Inpres 1 Talise, Kelurahan Talise, Kecamatan Palu Timur misalnya, seluruh siswa dilibatkan dalam satu kegiatan literasi untuk menggali bakat terpendam murid muridnya melalui lomba di internal sekolah sesuai tingkatan kelas mereka.

Untuk kelas 1 dan 2 diikutkan lomba mewarnai, kelas 3 dan 4 lomba baca puisi, serta jelas 5 dan 6 lomba mencipta puisi. “Murid murid terlihat sangat antusias mengikuti lomba,” kata Kepala SD Inpres 1 Talise, Dra. Rosyida M.Pd di sela-sela mengamati berlangsungnya kegiatan internal sekolah yang dia pimpin, Selasa ( 12/11/2019).

LOMBA MEWARNAI – Wali Kelas VI Ince Mawar SPd memantau murid murid kelas I yang sedang mewarnai gambarnya pada lomba mewarnai di internal SD Inpres 1 Talise Kota Palu. Foto: Abidin/PE

Kegiatan yang dilaksanakan di luar kelas itu, kata Rosyida, berlangsung sehari dimulai pada jam pelajaran pertama hingga jam istirahat. Selanjutnya, kegiatan belajar mengajar kembali dilaksanakan di ruang kelas usai jam istirahat. Kegiatan di sekolah yang beralamat di Jalan Tombolotutu, Kelurahan Talise, Kecamatan Palu Timur ini juga merupakan rangkaian peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November.

Sehingga, dari kegiatan ini juga bisa menanamkan jiwa kejuangan pada setiap diri siswa bahwa untuk meraih prestasi, butuh proses dan semangat tak kenal kata menyerah.
“Kami juga mengenalkan pengorbanan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan melalui tema yang dilombakan pada kegiatan ini. Misalnya, dalam cipta puisi, mewarnai dan lomba baca puisi, memiliki semangat patriotisme,” kata Rosyida didampingi Guru Kelas VI Ince Mawar, S.Pd.

Rosyida menambahkan, hasil lomba ini akan diumumkan esok hari dengan harapan dari kegiatan ini bisa memacu semangat para murid di sekolah yang dia pimpin ini bisa berprestasi.
” Saya beri keleluasaan kepada setiap guru untuk mendorong setiap murid bisa berprestasi, termasuk kepada Ibu Ince (Wali kelas VI) yang memiliki banyak pengalaman melahirkan murid murid berprestasi di sekolah tempatnya mengabdi sebelumnya,” ujarnya. (fit/palu ekspres)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.