Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Gubernur Sulteng Minta Anugerah Jurnalistik Digelar Tiap Tahun

0 5

PALU EKSPRES, PALU – Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, memberi perhatian khusus even yang digagas atas kerjasama PT DSLNG dan AJI Palu, yakni penyelenggaraan Anugerah Jurnalistik Donggi Senoro LNG (DSLNG) – AJI Palu.

Ia meminta perusahaan migas besar di Sulteng itu menjadikan AJD sebagai agenda tetap setiap tahun.
”Anugerah jurnalistik sebagai bentuk apresiasi untuk meningkatkan profesionalisme jurnalis, olehnya DSLNG bisa menjadi mitra tetap untuk mengakomodiasi keinginan dan harapan para jurnalis di Sulteng,” ujar Longki pada puncak acara Anugerah Jurnalistik DSLNG (AJD) 2019 di Palu, Senin malam.

AJD ini merupakan yang kedua dan dirangkaikan dengan lomba karya tulis jurnalistik media cetak dan online yang menyediakan hadiah total senilai Rp106 juta. Anugerah Jurnalistik 2019 diberikan kepada Drs H Rusdi Toana (alm), seorang tokoh pers di Sulteng, pendiri Surat Kabar Harian Mercusuar Grup yang kini menjadi koran dengan oplah paling besar di Sulteng saat ini dan tidak berafiliasi dengan kelompok-kelompok media besar nasional.

Menurut gubernur, penghargaan anugerah jurnalis sebagai upaya untuk mendorong dan memicu kreatifitas jurnalis dalam mengembangkan karja-karya jurnalistik  untuk publik. Gubernur mengatakan, DSLNG sebagai salah satu perusahaan bergerak di bidang gas bumi telah ikut membantu meningkatkan profesionalisme mitra kerja pemerintah Sulteng.

Gubernur juga berjanji akan memfasilitasi kegiatan jurnalistik lainnya yang melibatkan perusahaan lain yang berinvestasi di provinsi tersebut seperti menggelar lomba karya foto jurnalistik.

“Saya akan carikan agenda lain dari perusahaan lain untuk kegiatan jurnalistik. Khusus menulis mungkin bisa difasilitasi oleh DSLNG, ” kata dia menambahkan.

AJD 2019 memberikan penghargaan kepada 20 orang jurnalis. Pada kategori Feature Media Cetak, juara satu diraih oleh Haris Ladici dari Luwuk Pos, Juara II Irwan dari Sulteng Raya dan III Tasman Banto dari Mercusuar, IV Hangga Nugraha dari Sulteng Raya dan Juara V diraih Andi Ardin dari Luwuk Pos.

Kategori News Cetak, Juara I, II dan III sampai V masing- masing Barnabas Linang dari Luwuk Pos, Hangga Nugraha dari Sulteng Raya, Sofyan Samsuddin dari Obor Motindok, Indrawati Zainudin dari Pos Palu dan Haris Ladici dari Luwuk Pos.

Kategori News Online Juara I diraih Rony Sandi dari Radarsulteng online menyusul Sobirin dari Kabar Celebes, Muhadjir Badjeber dari Transsulawesi.com, Stepensopyan Pontoh dari Antarasulteng.com dan Hamdi Anwar dari Palu Ekspres. Kategori Feature Online diraih Stepensopyan Pontoh dari Antarasulteng.com, Mohammad Qadri dari Kabarselebes, Muahdjir Badjeber dari Transsulawesi.com, Agus Panca Saputra dari Sultengterkini.com dan Irwan Kurniawan Basir dari K99 habar Luwuk. (kia/antara/pe)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.