Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Amerika Bunuh Bos ISIS, Iran: Dia Makhluk Ciptaanmu Sendiri

0 52

PALU EKSPRES, TEHRAN – Amerika Serikat panen pujian karena berhasil membunuh orang nomor satu ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi. Namun, tidak semua bagian masyarakat internasional menganggap pembunuhan Baghdadi sebagai sebuah prestasi.

Iran sejak lama meyakini bahwa ISIS diciptakan oleh AS dan sekutu-sekutunya. Karena itu, Tehran sama sekali tidak terkesan oleh kabar tewasnya Baghdadi.

“Ini (pembunuhan Baghdadi) bukan hal besar, kau hanya membunuh makhluk ciptaanmu sendiri,” ujar Menteri Penerangan Iran Mohammad Javad Azari-Jahromi, seperti diberitakan Reuters, Minggu (27/10/2019).

Presiden Prancis Emmanuel Macron juga menyambut dingin kabar keberhasilan AS. Menurut dia, kematian Baghdadi bukanlah akhir dari ISIS.

Macron justru memerintahkan aparat keamanan di seantero Prancis meningkatkan kewaspadaan demi mencegah aksi balasan dari ISIS.

“Kematian Baghdadi adalah tamparan keras bagi ISIS, tetapi ini hanya sebuah tahapan,” ujar Macron.

Hal senada juga disampaikan sejumlah pengamat terorisme. Ranj Alaaldin dari Brookings Institusion mengatakan, kematian Baghdadi sangat merugikan ISIS. Terutama bagi upaya mereka untuk mengembalikan kejayaan masa lalu.

Namun, lanjut dia, ISIS masih sangat jauh dari tamat. “ISIS akan tetap menjadi organisasi teror bawah tanah yang sangat berbahaya,” terang dia.

Sementara itu, analis asal Irak, Hisham al-Hasemi, memprediksi ISIS bakal pecah akibat tewasnya Baghdadi. Dia tidak heran, jika aksi-faksi di dalam organisasi itu saling berebut kursi nomor satu.

“Perpecahan tidak bisa dihindari, itu selalu terjadi ketika sebuah grup radikal kehilangan pemimpin kharismatik,” terang dia. (reuters/dil/jpnn)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.