Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Pengusaha Luar Kota Makassar Minati Rumah Siap Huni CitraLand Celebes

0 115
MAKASSAR, PE – Di saat pertumbuhan ekonomi nasional mengalami pelambatan dalam 5 tahun belakangan ini, perekonomian Kota Makassar (Sulawesi Selatan) tetap stabil, bahkan cenderung meningkat. Di tahun 2019 ini, pertumbuhan ekonomi kota “Anging Mamiri” ini mencapai 8,23 persen. Capaian ini lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan yang berada di 7,07 persen, sementara nasional hanya 5,15 persen.
 
Tingginya pertumbuhan ekonomi ini berbanding lurus dengan pertumbuhan bisnis properti di Kota Makassar. Pertumbuhan bisnis properti di Makassar, terutama di kawasan-kawasan sedang bertumbuh, seperti kawasan Hertasning Baru menjadi destinasi hunian, sekaligus investasi yang menguntungkan.
 
Engeline Suyanto Project Manager CitraLand Celebes Makassar mengatakan, untuk wilayah Timur, Makassar masih menjadi kota penting sebagai hub bagi Kawasan Timur Indonesia. Pembangunan infrastruktur, pusat ekonomi, perluasan Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, dan pelabuhan laut menjadikan kota ini memiliki kekuatan ekonomi yang berpengaruh.
 
“Dengan posisi sangat strategis ini, Makassar banyak dikunjungi orang dengan berbagai tujuan. Selain pulang kampung mengunjungi keluarga, para pengusaha Bugis – Makassar yang sukses di perantuan, tidak sedikit pula yang melakukan perjalanan bisnis ke Makassar, selain tujuan-tujuan lainnya,” kata Engeline, Selasa, (22/10), di Makassar.
 
Inilah alasan yang menurut Engeline, mengapa sejak 10 tahun silam, Ciputra Group melakukan ekspansi bisnis properti ke Makassar. Dimana saat ini, Sang Pelopor real estate Indonesia itu sudah memiliki 6 proyek properti di Makassar, dan semuanya mendapat respon pasar yang positif.
 
“Salah satu proyek kami yang hingga sekarang permintaannya cukup stabil adalah CitraLand Celebes, yang berlokasi di Hertasning Baru sebagai wilayah kategori sunrise property. Kawasan ini sangat potensial sebagai lokasi bisnis perumahan karena letaknya yang sangat strategis dan ramai,” ujar Engeline.
 
Sepuluh tahun lalu, imbuhnya, kawasan ini belum banyak dilirik orang, namun sekarang Hertasning Baru banyak dipenuhi perumahan dari perumahan segmen bawah, menengah, sehingga perumahan mewah, dengan harga lahan yang terus naik.
 
Tidak hanya perumahan, bukti dari prospektifnya kawasan ini adalah banyaknya perusahaan ritel nasional dan cafe kelas menengah atas yang buka gerai di sepanjang Jalan Hertasning Baru. Sebut  saja Giant Supermarket, Pancious, Black Canyon, Papa Jade, Fire Flies, Markobar, LaKopi, KFC, Pizza Hut,  Mc Donald dan Burger King, Pujasera dan rumah-rumah makan yang marak, serta menjamurnya mini-mini market (Indomart dan Alfamart).
 
Rumah Siap Huni
Untuk mengakomodasi masih tingginya permintaan perumahan, khususnya di segmen menengah atas, CitraLand Celebes menawarkan rumah siap huni. Rumah siap huni dirilis karena banyaknya permintaan, terutama kalangan pengusaha yang sering melakukan perjalanan bisnis atau sering singgah di Makassar dalam waktu 1 – 2 minggu. Sebagian dari mereka berpikir, daripada menginap di hotel akan lebih untung jika mereka membeli properti di Makassar. Dari sisi investasi, harganya (capital gain) akan terus naik, sehingga jelas menguntungkan.
 
“Dibanding dengan kota-kota lain di Indonesia Bagian Timur, tingkat kenaikan harga properti di Makassar jauh lebih tinggi. Investasi jangka pendek dan menengah 2 – 5 tahun juga oke. Jual kembali masih untung,” tutur Engeline.
 
Rumah siap huni di Citraland Celebes, kata Engeline, sangat diminati oleh para pengusaha dan profesional Bugis – Makassar, baik yang tinggal di Makassar, maupun yang tersebar di kota-kota Indonesia Timur seperti: Ambon, Jayapura, Palu, dan Kendari.
 
“Bagi sebagian besar para perantau asal Bugis – Makassar, masyarakat Indonesia Timur umumnya,  ukuran sukses itu salah satunya lihat dari kemampuannya beli rumah mewah. Dan memiliki rumah di CitraLand Celebes menjadi gengsi tersendiri bagi mereka yang sukses di luar daerah. Meski belum ditinggali tapi suatu waktu mereka akan membutuhkannya. Ketika mereka balik ke Makassar sudah ada rumah yang nyaman dan prestige untuk keluarga mereka,” jelasnya.
 
Rumah-rumah siap huni yang ditawarkan adalah rumah 2 lantai yang berada di beberapa cluster. Dengan harga mulai Rp1,9 miliar. Kenaikan harga rumah di CitraLand Celebes sekarang ini berkisar 10 persen per tahun.
 

Sebagai perumahan mewah di kawasan yang prospektif di Jalan Tun Abdul Razak (Hertasning Baru), CitraLand Celebes berkembang cukup pesat. Hunian kelas middle up ini, selalu mengedepankan kualitas lingkungan, privasi, aman, nyaman, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti: taman-taman tematik, jogging track, pusat perkantoran, ATM Center, Bank, Cafe, Resto dan Fitcentrum (kolam renang , mini water park, fitness center, dan gym), cafe, plaza, ruang pertemuan, dan wedding chapel. (Rls)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.