Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Damkar Palu Kini Layani Penyelematan Hewan

0 252

PALU EKSPRES, PALU- Berganti nomenklatur, tugas dan pelayanan kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan penyelamatan Kota Palu juga diperluas. Kantor yang kini dikomandani Sudaryano Lamangkona ini sekarang bisa melayani penyelamatan hewan. Tidak sebatas memadamkan kobaran api.

Nomenklatur organisasi perangkat daerah (OPD) ini sebelumnya hanya dinas pemadam kebakaran. Perluasan cakupan layanan terjadi ketika OPD ini berganti nama menjadi kantor pemadam kebakaran dan penyelamatan.

Ano, sapaan akrabnya menyebut, telah beberapa kali melakukan tindakan penyelematan hewan. Misalnya ular atau biawak yang masuk ke dalam rumah warga. Ataupun kucing yang terjebak sesuatu.

“Sejauh ini belum banyak kasus yang dilaporkan. Tapi kami sudah pernah menyelematkan hewan yang terjebak,. Terakhir itu kami selamatkan biawak,”ungkapnya, Rabu 16 Oktober 2019.

Pelayanan inipun menurutnya dilakukan layaknya pelayanan untuk memadamkan api ketika terjadi kebakaran. Masyarakat bisa melapor langsung ke kantor. Ataupun bisa juga menghubungi nomor darurat pemadam kebakaran.

“Cakupan tugasnya jadi luas. Karena kita ada tim rescue,”ujarnya.

Fungsi pemadam jelas dia sebenarnya bukan hanya memadamkan api. Di OPD ini jelasnya juga punya tugas operasi non kebakaran.

“Operasi non kebakaran inilah titik beratnya pada upaya penyelamatan. Bukan hanya manusia. Tetapi penyelamatan juga terhadap hewan,”terangnya.

Selain itu pegawai pemadam kebakaran juga mendapat tugas perbantuan untuk menopang OPD lain. Mislanya membantu proses evakuasi dalam sebuah keadaan darurat.

“Contohnya kami membantu BPBD saat evakuasi, penggalian jenazah korban likuefaksi di Petobo beberapa waktu lalu,”demikian Ano. (mdi/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.