Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Warga Sidoan Parimo Dapat Bantuan Mobil Ambulans

0 78

PALU EKSPRES, PARIGI– Warga Desa Sidoan Kecamatan Sidoan, Kabupaten Parigi Mouton, mendapatkan bantuan 2 unit mobil ambulans gratis. Pemberian bantuan ambulans tersebut karena di Parimo masih banyak warga khususnya di Kecamatan Sidoan yang belum ter-cover dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), PBI, UHC maupun Jamkesmas.

Bantuan mobil ambulance gratis tersebut, disumbangkan salah seorang Anggota Legislatif (Anleg) dari Partai PBB, Wawan Setiawan, daerah pemilihan (Dapil) II, Kecamatan Sidoan, Kabupaten Parigi Moutong.
“Datanya ada semua sama saya. Hampir 30 persen masyarakat yang belum memiliki dan mereka layak untuk mendapatkan itu,” kata Wawan di kantornya, Selasa, 8 Oktober 2019.
Menurut dia, selama ini itulah yang menjadi aspirasi dari masyarakat Sidoan. Pemerintah memang sudah cukup menyiapkan unit ambulance, namun ada prosedurnya.
“Misalnya ada yang sakit tapi ketika tidak memiliki KIS atau JKN, PBI, UHC dan Jamkesprov, tidak bisa dilayani untuk ambulance gratis yang disediakan oleh pemerintah,” ungkap Wawan.

Tetapi di sisi lain kata dia, banyak warga yang terkendala dengan belum memiliki data identitas kependudukan. Sementara syarat untuk mendapatkan JKN-PBI harus didukung oleh data kependudukan lengkap lewat kartu keluarga (KK).
Dia mengatakan, saat ini ambulance yang baru diluncurkan sebanyak dua unit. Minimal hal tersebut sebagai tindakan awal pihaknya bagi warga kurang mampu.

Kemudian, di sisi lain juga tambahnya, untuk membantu pemerintah dengan panjangnya jarak wilayah Parigi Moutong, tentu unit ambulance milik Pemkab tidak bisa meng-cover seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Parimo.
“Diharapkan mobil ambulance tersebut bisa bermanfaat untuk warga. Dan Ambulance ini bukan hanya digunakan warga Sidoan, tapi termasuk seluruh warga Parimo,” sebut Wawan.(asw/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.