Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Pembakaran Lapas Perempuan di Sigi, Pelaku Akan Dituntut 12 Tahun Penjara

0 79

PALU EKSPRES, SIGI– Kepolisian Resor Sigi memastikan berdasarkan hasil penyidikan diperoleh fakta – fakta bahwa insiden kebakaran Lapas Perempuan Kelas III Palu di Desa Maku, Kecamatan Dolo tersebut merupakan unsur kesengajaan.
“Hal itu terindikasi dari fakta di lapangan, ada upaya perencanaan melarikan diri dengan cara membakar atau merusak sel. Dan, ini telah direncanakan sejak hari Jumat 20 September 2019 dengan beberapa kali melakukan pertemuan yang dimotori oleh napi atasnama Mona,” kata Kapolres Sigi AKBP Wawan Sumantri, Rabu 9 Oktober 2019.

Lebih lanjut kata Kapolres, dua pelaku utama pembakaran lapas yaitu Tenri dan Mona masih melarikan dari dan telah ditetapkan sebagai DPO. Selain kedua pelaku utama, Kepolisian Resor Sigi juga telah menetapkan 10 orang narapidana sebagai tersangka.
“Kedua orang napi yang menjadi otak pembakaran saat ini masih terus dikejar dan kemungkinan masih bersembunyi di wilayah Sulteng,”ungkap Kapolres.

Atas perbuatan para pelaku yang direncanakan ini, para pelaku akan disangkakan dengan dugaan tindak pidana pembakaran sel tahanan serta pengrusakan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 187 ayat ( 1 ) KUHP sub Pasal 187 ter KUHP dan Pasal 170 ayat ( 1 ) KUHP dengan ancaman 12 tahun penjara.

Sebelumnya, Lapas Perempuan Kelas III Palu di Desa Maku terbakar pada Minggu 29 September 2019 sekitar pukul 18.00 WITA. Atas kejadian tersebut, 46 napi perempuan pada saat kejadian berhasil melarikan diri. (mg4/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.