Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Wali Kota Matangkan Pembangunan Huntap Budha Tzu Chi

0 35

PALU EKSPRES, PALU– Dukungan Wakil Presiden (Wapres) RI M Jusuf Kalla (JK)  terkait upaya penyediaan lahan untuk lokasi hunian tetap (Huntap) langsung ditindaklanjuti Wali Kota Palu Hidayat dengan menemui pihak donatur, Yayasan Budha Tzu Chi di Jakarta. Dukungan Wapres JK ditegaskan dalam rapat evaluasi pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi dampak bencana, Senin 7 Oktober 2019 di Kantor Gubernur Sulteng. JK menegasakan, pihaknya siap menghadapi segala perkara terkait penyediaan lahan untuk pembangunan Huntap dari lahan hak guna bangunan dan hak guna usaha (HGB-HGU).

Dari dukungan itu, Selasa 8 Oktober 2019, Wali Kota Hidayat langsung menemui Ketua Yayasan Budha Tzu Chi, Liu Su Mei, di Jakarta. Hidayat menjelaskan berdasar penegasan Wapres tersebut, maka tak ada lagi kendala terhadap penyediaan lahan pembangunan Huntap. Terlebih lahan itu sebelumnya juga telah ditetapkan Gubernur Sulteng sebagai lokasi pembangunan Huntap. Kunjungan wali kota kali ini sekaligus menindaklanjuti rencana bantuan Huntap yayasan sebanyak 1500 unit yang sempat terkendala karena permasalahan lahan tersebut

Dengan adanya dukungan Wapres, maka kata Hidayat, pihaknya siap menyediakan berapapun luas lahan yang dibutuhkan pihak yayasan untuk pembangunan Huntap tersebut. Apalagi sejumlah kontrak HGU dan HGB memang telah berakhir tahun ini.

Untuk diketahui pula, Wapres JK dalam rapat evaluasi memastikan tidak akan memperpanjang izin pemanfaatan tanah negara oleh perusahaan di kelurahan Tondo dan Talise yang akan habis tahun ini. Sehingga, tanah tersebut nantinya akan dimanfaatkan sebagai kawasan relokasi dan pembangunan Huntap untuk korban bencana Palu. Sejauh ini pembangunan Huntap yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia di kelurahan Tondo sedang berjalan. Untuk sementara sudah mulai berdiri sebanyak 200 unit. (Mdi/**/palu ekpres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.