Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

BPN Diminta Tuntaskan Seluruh Persoalan Lahan di Kabupaten Sigi

0 38

PALU EKSPRES, SIGI – Bupati Sigi Mohamad Irwan meminta kepada BPN agar persoalan lahan benar-benar dituntaskan. Hal ini kata Irwan agar nantinya persoalan lahan di Kabupaten Sigi, khususnya untuk lokasi pembangunan huntap, infrastruktur lainnya dan kawasan lainnya nantinya tidak ada persoalan sengketa lahan. “Untuk itu, BPN harus meng-clearkan segala persoalan lahan yang ada di Kabupaten Sigi,” kata Irwan, Selasa 8 oktober 2019.

Selanjutnya terkait kondisi di wilayah Desa Kabobona, Kecamatan Dolo yang merupakan wilayah terdampak dari material lumpur yang berasal dari Desa Langaleso, Bupati Sigi mengusulkan dan meminta agar dilakukan tindakan teknis, sehingga wilayah tersebut masih bisa dihuni.
“Walaupun terdampak lumpur yang berasal dari Desa Langaleso, masyarakat setempat tetap bersikeras untuk menetap di rumahnya, padahal akibat dampak lumpur itu menurut peta zonasi sudah dinyatalan merupakan zona merah. Olehnya, kami meminta agar ada kebijakan terkait persoalan ini,” ujar Bupati.

Di tempat yang sama, Kasatgas PUPR bersama Bupati Sigi dan Kepala Balai Perumahan dan Permukiman Sulawesi Tengah yang langsung meninjau lokasi di Desa Kabobona, menyatakan akan melakukan pembangunan tanggul untuk membendung aliran sungai yang membawa material lumpur tersebut.

Hal ini langsung disambut baik dan histeria oleh masyarakat dan Kepala Desa Kabobona yang hadir pada saat itu. Karena dengan adanya tanggul, harapan mereka untuk masih dapat menghuni wilayah tersebut masih ada. (mg4/palu ekspres)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.