Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Pemkot  Palu Maksimalkan Pengawasan Pupuk Subsidi

0 279

PALU EKSPRES, PALU- Pemkot Palu akan memaksimalkan distribusi pupuk dan pestisida subsidi di wilayah Kota Palu. Pengawasan ini nantinya dilakukan bersama Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) dan lintas sektoral.

Upaya optimalisasi pengawasan ini diawali dengan rapat koordinasi Pemktk Palu dan KP3, Selasa 8 Oktober 2019.

Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, H Asri mengatakan, saat ini pemerintah tengah fokus meningkatkan produktifitas dan komoditas pertanian. Agar ketahanan pangan yang menjadi fundamental ketahanan nasional bisa diwujudkan.

Karena itu kata dia, demi mencapai maksud tersebut, diperlukan dukungan dan sinergitas bersama. Mulai dari pembenahan prasarana dan sarana produksi hingga ketersediaan pupuk dan pestisida dengan baik dan benar.

Penyaluran pupuk dan pestisida di Kota Palu sejauh ini terus diupayak agar tepat sasaran. Karenanya dibentuklah KP3. Komisi ini berfungsi sebagai wadah koordinasi pengawasan pupuk dan pestisida.

Sinergitas pengawasan pupuk dan pestisida ujar Sekkot, bisa terwujud ketika seluruh stakeholders mempunyai komitmen bersama memajukan masyarakat khususnya petani.

Pengawasan pengalokasian, peredaran dan penggunaan pupuk dan pestisida bertujuan untuk mencegah terjadinya penyimpangan.

“Sehingga pupuk dan pestisida dapat tersedia sampai ke tingkat petani secara tepat waktu. Baik jumlah, jenis dan tempatnya dengan mutu yang terjamin serta harga yang terjangkau,” terang Sekkot.

Pengawasan penyaluran pupuk dan pestisida pun perlu dilakukan dengan pemantauan secara intensif dan terus melakukan monitoring dan evaluasi ke lapangan oleh tim KP3.

“Tim KP3 harus melaksanakan pembinaan kepada toko, kios pengecer agar distribusi pupuk bersubsidi dapat dipertangungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang ada,” demikian Sekkot.(mei/**)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.