Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Tim Verifikasi Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

0 98

PALU EKSPRES,  PALU – Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 (MIN 1) Palu kedatangan tim verifikasi Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional, Selasa 1 Oktober 2019. tim verifikasi nasional, Dinas Kesehatan Kota Palu, Dinas Pendidikan Kota Palu, Puskesmas setempat, serta didampingi oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Kabid Penmad) Kanwil Kemenag Sulteng, H. Kamarudin Syam, dan Kakankemenag Kota Palu, H. Ma’sum Rumi. Rombongan tersebut disambut langsung oleh Kepala MIN 1 Palu H. Syarib, S.Ag, M.Pdi dan para dewan guru. Kedatangan Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat tingkat nasional, disambut dengan sambutan para siswa berupa yel-yel disepanjang jalan masuk serta tarian penyambutan Paule Cinde oleh Siswa MIN 1 Kota Palu.

H. Syarib, selaku Kamad dalam sambutannya mengatakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS ) sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan di MIN 1. “PHBS merupakan tradisi yang sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu yang dipelopori oleh Kamad-kamad sebelumnya, bukan karena hanya menyambut suatu lomba” katanya. Alhamdulillah, berkat hal tersebut MIN 1 sudah beberapa kali masuk nominasi sekolah sehat, baik ditingkat kota hingga ke tingkat nasional,” ungkap Syarib.

“Alhamdulillah dokcil (dokter kecil) yang berada di MIN 1 sebanyak 50 siswa atau bisa dikatakan sepuluh persen dari jumlah siswa yang ada. kami juga rutin mengadakan pemeriksaan THT yang melibatkan unsur terkait , pengukuran badan siswa disetiap semester, kantin sehat hingga pembersihan lingkungan di setiap hari sabtu, dan malaksanakan Trias UKS” ungkap H. Syarib yang menerangkan kebiasaan PHBS yang diterapkan.

Sementara itu Kakanwil Kemenag Sulteng yang diwakili Kabid Penmad, H. Kamarudin Syam, menyampaikan harapanya kepada ketua Tim verifikasi, “Besar harapan saya MIN 1 terpilih sebagai juara LSS tingkat nasional, saya yakin jika Madrasah ini terpilih dampaknya akan luar biasa bagi masyarakat sekitar,” harap H. Kamarudin
“Pasca satu tahun bencana saya kira Kota Palu perlu dihibur, antara lain dengan pemberian penghargaan sebagai juara (LSS),” ungkap H. Kamarudin yang disambut tepuk tangan dari para hadirin.

Seusai acara penyambutan dilanjutkan dengan agenda verifikasi kebeberapa titik di MIN 1 Kota Palu seperti ruang guru, kantin, toilet, UKS dan ruang kelas. Dari beberapa sekolah/ mardrasah di Indonesia yang mengikuti Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional tahun 2019 MIN 1 Kota Palu merupakan satu-satunya perwakilan Sulawesi Tengah diajang tersebut. (humas)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.