Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

DTPHP Parimo Targetkan, Percetakan Lahan Sawah Baru 200 Hektare Rampung Tahun Ini

0 135

PALU EKSPRES, PARIGI– Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Parigi Moutong, Nelson Metubun mengatakan, pelaksanaan percetakan lahan sawah baru seluas kurang lebih 200 hektare ditargetkan rampung di bulan Desember tahun ini.

Menurut Nelson, lokasi percetakan lahan sawah baru berada di Kecamatan Bolano, Tinombo Selatan, Ongka Malino, dan Moutong. Lokasi tersebut tersebar di delapan desa di wilayah Kabupaten Parigi Moutong.
Adapun luas lokasi persawahan yang ada di Parigi Moutong, saat ini masih berada dikisaran 27 ribuan hektar yang berstatus fungsional. Dengan luas panen mencapai 59 ribu hektar per tahun.
“Dari total luas keseluruhan sudah mencakup dengan 200 hektare percetakan sawah baru yang ada saat ini,” kata Nelson kepada media ini di Parigi, Selasa 24 September 2019.
Untuk percetakan sawah baru lanjut dia, saat ini realisasinya sudah mencapai 61,83 persen, sementara realisasi yang telah melakukan penanaman seluas 57 hektare.
Ia mengatakan, dari total 57 hektare yang melakukan penanaman di delapan desa yaitu, Desa Bolano Barat Kecamatan Bolano baru mencapai 100 persen dan realisasi tanam seluas 10 hektare. Desa Tinombala Jaya, Kecamatan Ongka Malino mencapai 57,63 persen dan realisasi tanam mencapai 13 hektar.
Kemudian, untuk wilayah Kecamatan Tinombo Selatan, Desa Poli realisasi percetakan mencapai 100 persen dan luas tanam 10 hektare. Desa Katulistiwa mencapai 48,18 persen dan luas tanam 4 hektare. Dan, Desa Tada Timur mencapai 100 persen dengan realisasi dan luas tanam mencapai 19 hektare.

Ia menambahkan, ada tiga desa yang luas tanamannya belum diketahui. Itu sesuai laporan per September 2019, yaitu Desa Pande Lalap realisasinya mencapai 24, 14 persen, Desa Siney 35,44 persen dan Desa Siney Tengah 21,29 persen dan realisasi luas tanam dari ketiga desa tersebut masih kosong. (asw/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.