Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Polda Sulteng Luncurkan Samsat Online

0 55

PALU EKSPRES, PALU– Wajib pajak kendaraan di Wilayah Sulteng kini bisa lebih mudah melakukan transaksi pembayaran  pajak, tanpa harus antri di kantor Samsat. Sebuah aplikasi berbasis informasi teknologi (IT) hadir untuk itu. Namanya Samsat Online Nasional.

Peluncurannya di Sulteng dirangkai sekaligus dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) lalulintas ke 64, Selasa 24 September 2019 di Hotel Santika Palu. Untuk Kawasan Timur Indonesia, Sulteng menjadi provinsi yang pertama kali meluncurkan aplikasi tersebut.

Pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi ini dilakukan dengan mengunduh aplikasinya di play store. Lalu mengikuti petunjuk dan langkah dalam aplikasi tersebut. Setelah mengisi kolom konfirmasi data diri dan kendaraan, aplikasi secara otomatis menerbitkan nomor tagihan pajak.

Di Sulteng, pembayaran pajak kendaraan secara otomatis terkoneksi dengan aplikasi di Bank Sulteng. Setelah proses pembayaran online  selesai, wajib pajak selanjutnya mendatangai kantor Samsat untuk mengambil dokumen surat tanda nomor kendaraan (STNK) yang baru dengan membawa bukti print out pembayaran.

Dirlantas Polda Sulteng Kombespol Imam Setiawan mengatakan aplikasi itu prinsipnya membuka akses kemudahan pembayaran pajak bagi pengendara. Dengan begitu kata dia wajib pajak bisa lebih disiplin membayar.

“Tidak ada alasan lagi masyarakat lupa. Karena prosesnya sangat mudah. Bahkan bisa dilakukan melalui perangkat Android,” jelas Imam dalam sambutannya.

Dengan aplikasi itu, pihaknya berharap pendapatan asli daerah (PAD) Sulteng bisa bertambah. Aplikasi ini memangkas pola birokrasi transaksi pembayaran. Dan paling penting kata dia, masyarakat tidak perlu antri diloket pembayaran.

Kapolda Sulteng Brigjen Pol Lukman Wahyu Hariyanto, membacakan sambutan Kapolri, menyebut, dalam usia ke-64,  jajaran Lalu Lintas Polri terus menunjukkan capaian kinerja yang baik.

Berkontribusi besar dalam mewujudkan keamanan keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas, dalam berbagai agenda internasional, nasional, dan kegiatan masyarakat sepanjang tahun 2018 dan 2019.

Apresiasi positif masyarakat terhadap jajaran Lalu Lintas Polri menurutnya  juga terus meningkat. Hal tersebut terkait erat dengan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui modernisasi berbasis teknologi informasi, seperti penyelenggaraan Electronic Registration and Identification (ERI).

Penindakan pelanggaran lalu lintas dengan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), pelayanan SIM Online, Samsat Online, dan berbagai inovasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi.

Sementara itu Direktur Utama Bank Sulteng, Rahmat Abdul Haris menjelaskan, Samsat Online ini menjadi pintu masuk untuk meningkatkan pendapatan daerah Sulteng.

Dana pembayaran pajak kendaraan kata dia nantinya akan dihimpun sekaligus melalui Bank Sulteng.

“Dikumpul dulu selama satu tahun berjalan kemudian diteruskan ke kas daerah,”kata Rahmat.

Transaksi pembayaran pajak online ini jelas Rahmat dapat dilakukan melalui seluruh perbankan. Akan tetapi selain bank Sulteng, transaski itu berbayar sesuai dengan ketentuan administrasi biaya transfer.

“Kalau kebetulan rekeningnya rekening bank Sulteng, transasksi pembayarannya gratis,”ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini Bank Sulteng juga tengah melaksanakan program laku pandai. Program ini menurut dia didorong untuk menjadi pola pembayaran pajak kendaraan online di pedesaan.

“Semacam agensi pembayaran khusus terkait transaksi yang berlaku di Bank Sulteng ditingkat pedesaan,”demikian Rahmat.(mdi/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.