Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

RS Anutapura Palu Disurvei Akreditasi Versi 2012

0 57

PALU EKSPRES, PALU– Rumah Sakit Umum (RSU) Anutapura Palu akan menjalani survey verifikasi reguler pertama untuk mendapat akreditasi versi 2012. Survey yang dilaksanakan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) ini rencananya berlangsung beberapa hari kedepan.

Tujuan akreditasi adalah untuk mempermudah masyarakat mendapat layanan kesehatan, melindungi keselamatan pasien,masyarakat, lingkungan RS. Meningkatkan mutu dan mempertahankan standar pelayanan serta memberi kepastian hukum pasien, masyarakat dan sumber daya manusia RS.

Dalam survei akreditasi, tim KARS akan menilai sedikitnya 15 elemen pelayanan. Antara lain sasaran keselamatan kerja, hak pasien dan keluarga, pendidikan pasien dan keluarga, peningkatan mutu keselamatan pasien, sasaran milenium development goals, akses pelayanan kontinuitas pelayanan, asessmen pasien, pelayanan pasien dan pelayanan anestesi dan bedah.

Kemudian management penggunaan obat, komunikasi dan informasi. Serta kualifikasi pendidikan staf, pencegahan dan pengendalian infeksi, tata kelolah kepemimpinan dan pengarahan termasuk managemen fasilitas dan keselamatan.

Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, H Asri
Mengatakan salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat yaitu melalui kegiatan akreditasi.

Menurutnya, sertifikasi akreditasi rumah sakit merupakan salah satu indikator penguatan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Penghargaan karena rumah sakit telah berupaya untuk memenuhi standar yang telah ditetapkan serta mampu mempertahankan kepatuhan dalam memenuhi standar tersebut.

“Kami mengapresiasi survei komisi akreditasi rumah sakit sebagai bentuk kesinambungan proses akreditasi sesuai dengan tata laksana survei akreditasi rumah sakit,” ujarnya.

Dia menjelaskan, Pemkot Palu dan UPT Rumah Sakit daerah senantiasa berupaya mendukung pelaksanaan akreditasi. Dengan begitu peningkatan mutu pelayanan pada masyarakat dalam mencapai tujuan percepatan pembangunan kesehatan bisa diwujudkan

Sekkot berharap dengan survei verifikasi ini, Rumah Sakit diharap terus berupaya melakukan perbaikan. Baik mutu pelayanan maupun peningkatan kinerja yang dilaksanakan secara berkesinambungan.

“Agar kdepan nantinya bisa terwujud pelayanan yang berkualitas,”demikian Asri.(mdi).
Humas Pemkot Palu.

//Sekkot Palu, Asri menghadiri pencanangan Kampung KB Karona Ujuna, Kelurahan Ujuna Kecamatan Palu Barat, Selasa 24 September 2019.

Kampung KB Miniatur Progam KB.

PALU,PE- Pemkot Palu bersama Kantor Perwakilan BKKBN Sulteng terus mendorong percepatan pencanangan Kampung keluarga berencana (Kampung KB) di wilayah Kota Palu.

Selasa 24 September 2019, Kampung KB kembali dicanangkan di Kelurahan Ujuna Kecamatan Palu Barat. Kampung KB di kelurahan ini dinamai Karona Ujuna.

H. Asri yang membacakan sambutan Wali kota Palu menyebut, Kampung KB merupakan suatu wilayah tingkat RW atau setara yang memiliki kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program kependudukan keluarga berencana dan pemberdayaan keluarga dengan membangun sektor terkait yang dilaksanakan secara sistematis.

Menurutnya, keberadaan Kampung KB sangat diperlukan, karena akan mendorong pembangunan masyarakat menuju masyarakat yang sejahtera dari tingkat keluargakeluarga. Sebab, katanya keberhasilan program KB akan sangat membantu meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan keluarga.

“Kampung KB menjadi miniatur pelaksanaan program KB dan pembangunan keluarga sejahtera di wilayah setingkat kelurahan. Hal itu sebagai program dari, oleh, dan untuk masyarakat,” ungkapnya.

Keberadaan Kampung KB di kelurahan Ujuna kata Asri diharap pula dapat mempererat dan merevitalisasi program KB dan keluarga sejahtera, dan tidak berhenti pada seremoni Pencanangan semata, tapi secepatnya harus ada aksi dan gerakan nyata di lapangan.(*/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.