Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Optimalkan Peran Satgas Antinarkoba di Sekolah

0 56

PALU EKSPRES, PALU – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi menegaskan, pihaknya akan terus mendorong setiap sekolah untuk mengoptimalkan peran satuan tugas (satgas) antinarkoba yang telah dibentuk di sekolah-sekolah, untuk memaksimalkan upaya pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan peserta didik.

Satgas yang terdiri dari seluruh unsur sekolah tersebut, diterangkan Ansyar, bertugas memberikan penguatan kepada para peserta didik untuk tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba, apalagi menjadi pengedar narkoba di sekolah. Satgas tersebut bertugas melalui beberapa pertemuan, sosialisasi, penyuluhan yang bertujuan memberikan tambahan pemahaman serta penguatan karakter kepada peserta didik.

“Di sekolah ini godaannya sangat luar biasa. Pengedar menargetkan peserta didik kita untuk mengonsumsi narkoba,” kata Ansyar, saat ditemui, Selasa 17 September 2019.

Untuk mengoptimalkan peran Satgas tersebut, Ansyar mengaku pihaknya terus menjalin koordinasi dengan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Palu. Selain itu, program-program bersama antara Disdikbud dan BNNK Palu juga akan terus ditingkatkan pelaksanaannya. “Ini agar kita bisa membentengi peredaran narkoba di sekolah-sekolah,” imbuh Ansyar.

Selain melalui Satgas Antinarkoba, pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di sekolah juga diharapkan dapat terwujud melalui keaktifan peserta didik mengikuti program-program ekstrakurikuler sekolah, seperti pada bidang olahraga dan seni. Juga kata Ansyar, peran orang tua sangat dibutuhkan, untuk bersama-sama dengan pihak sekolah memberikan pengawasan terhadap aktifitas para peserta didik di lingkungan luar sekolahnya.

“Kita berharap ini dapat didorong terus, karena kita seperti berlomba dengan para pengedar. Olehnya peran serta orang tua juga diharapkan, untuk bersama-sama bergerak untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba,” tandas Ansyar. (abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.