Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Sempat Dirawat, Jemaah Haji Sulteng Kembali ke Tanah Air

0 66

PALU EKSPRES, PALU – Beberapa Jemaah haji asal Provinsi Sulteng yang kepulangannya ke tanah air sempat tertunda akibat sakit, akhirnya pulang kembali ke tanah air. Hal itu ditandai dengan kepulangan dua orang Jemaah haji Sulteng, masing-masing H. Yusuf Sagaf Patalau (70 tahun) dan Hj. Indo Alang Pacidda Parani (73), yang tiba di Bandara Mutiara SIS Aljufrie Palu, Senin 16 September 2019 malam.

H. Yusuf yang berasal dari Kabupaten Donggala sebelumnya tergabung dalam Jemaah haji Sulteng kelompok terbang Debarkasi 10 Balikpapan (BPN-10). Namun pada saat kepulangan Jemaah serentak, kepulangan Jemaah bersangkutan ditunda karena sedang dirawat di RSAS Al-Anshor Madinah. Kepulangan H. Yusuf ditanazul ke kloter BPN-13 bersama Jemaah dari Provinsi lain.

Selanjutnya, Hj. Indo Alang yang berasal dari Kabupaten Parigi Moutong sebelumnya juga tergabung dalam kloter BPN-10. Namun sempat dirawat di RSAS King Fahd Madinah sehingga kepulangannya tertunda. Akhirnya, Jemaah bersangkutan kembali ke tanah air bersama kloter BPN-15. Baik H. Yusuf maupun Hj. Indo Alang keduanya sempat dirawat di Klinik Debarkasi Balikpapan sebelum berangkat menuju Palu.

Kedua Jemaah tersebut tiba di Bandara Mutiara SIS Aljufrie Palu sekira pukul 22.00 WITA menggunakan penerbangan komersil dari Balikpapan. Tiba di Palu, keduanya langsung dijemput keluarga setelah secara simbolis diterima Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sulteng yang diwakili Kepala Seksi Pendaftaran dan Dokumentasi Haji Kanwil Kementerian Agama Sulteng, H. Arifin.

H. Arifin menyebutkan, selain H. Yusuf dan Hj. Indo Alang, salah seorang Jemaah lainnya yakni H. Muhammad Junaid (84) asal Kabupaten Morowali, dijadwalkan kembali ke Palu pada Selasa 17 September 2019 malam. “Selebihnya masih ada yang dirawat di KKHI Debarkasi Balikpapan, dan satu Jemaah masih dirawat di Madinah atas nama Hj. Hasra Hairun Tolomia asal Kabupaten Banggai Kepulauan,” kata H. Arifin.

Sebelumnya, diberitakan sebanyak 5 orang Jemaah haji Sulteng masih tertunda kepulangannya ke tanah air karena sedang menjalani perawatan, baik di KKHI maupun di RS Madinah. Data dari PPIH Sulteng, kelima Jemaah tersebut adalah H. M. Junaid (87) asal Kabupaten Morowali kloter BPN-8, Hj. Hasra binti Hairun (57) asal Kabupaten Banggai Kepulauan kloter BPN-7, H. Yusuf SP (70) asal Kabupaten Donggala kloter BPN-10, dan Hj. Indo Alang (73) asal Kabupaten Parigi Moutong kloter BPN-10. (abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.