Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Mitigasi Bencana Diharap Masuk Kurikulum Madrasah

0 62

PALU EKSPRES, PALU  – Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, H. Kamaruddin berharap, pembelajaran tentang mitigasi bencana dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pembelajaran di Madrasah, sehingga dapat diajarkan kepada para peserta didik mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) hingga Madrasah Aliyah (MA).

Olehnya, Kamaruddin berharap Kemenag pusat dapat memberikan perhatian, dan memberikan petunjuk teknis terkait mitigasi bencana yang diintegrasikan ke dalam kurikulum.
“Sebab persoalan mitigasi ini adalah prioritas dan penting sekali untuk diajarkan kepada siswa,” kata Kamaruddin, saat ditemui, Selasa 17 September 2019.

Meski belum ada regulasi terkait integrasi mitigasi bencana ke dalam kurikulum Madrasah, Kamaruddin mengaku hal itu telah menjadi fokus perhatiannya bersama para guru di Madrasah. Para guru dianjurkan untuk memberikan penekanan terkait mitigasi kepada peserta didik, sebagai bahan informasi di sela-sela memberikan materi pembelajaran secara umum.

Menurutnya, materi tersebut penting untuk disampaikan kepada peserta didik. Apalagi yang berada di kawasan rawan bencana alam. “Materi seperti itu perlu disosialisasikan kepada siswa. Insyaallah untuk daerah yang terdampak bencana seperti Palu, Sigi, Donggala dan Parimo, guru-gurunya sudah banyak yang mengetahui mitigasi, karena telah beberapa kali diikutkan kegiatan berkaitan dengan itu,” pungkasnya. (abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.