Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

PKK Palu Diminta Menyesuaikan Program Masituvu – Morambanga

0 201

PALU EKSPRES, PALU- Setiap tahun Pemkot Palu menyuntik dana pembinaan kepemudaan ditingkat kelurahan dan kecamatan. Kelurahan mendapat Rp30juta dan kecamatan Rp30juta.

Ditingkat kelurahan suntikan dana itu disebut dengan program masintuvu dan tingkat kecamatan program morambanga. Artinya adalah bersatu dan kokoh.

Wali Kota Palu Hidayat menjelaskan, program masintuvu di kelurahan digunakan sebagai anggaran untuk menggelar kegiatan kepemudaan antar rukun warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) dalam satu kelurahan.

Sedangkan anggaran dalam program morambanga adalah untuk membiayai perlombaan perlombaan lanjutan yang telah berjalan ditingkat kelurahan. Atau kompetisinya antar kelurahan dalam satu kecamatan.

Hidayat menyebut, kedua program itu adalah upaya menjaga nilai kekeluargaan dikalangan remaja. Melalui program tersebut, Hidayat berharap pemuda-pemuda antar kelurahan maupun kecamatan bisa saling mengenal satu sama lainnya.

Dana tersebut bisa diusulkan oleh organisasi pemuda. Misalnya remaja Islam masjid (Risma) untuk kegiatan antar Risma. Atau pemuda gereja untuk kegiatan antar pemuda gereja.

“Ini akan menciptakan hubungan kekeluargaan antar pemuda,”kata Hidayat, membuka Jambore kader PKK dan hari kesatuan gerak PKK ke 47 tingkat kita Palu, Senin 16 September 2019 di Taman GOR Palu.

Melalui kedua program itupula, Hidayat berharap dapat menjauhkan pemuda pemuda dari hal negatife. Sebab ia yakin, ketiadaan wadah bagi pemuda kerap memicu pemuda menjadi pelaku kriminal. Terlebih kemajuan teknologi yang begitu cepat ia nilai telah membawa perubahan mendasar dalam jiwa generasi muda.

Sekaitan dengan itu, Hidayat juga meminta pengurus PKK bisa melibatkan diri dalam program masintuvu dan morambanga. Sehingga kegiatan PKK tidak melulu kegiatan ceremoni belaka.

“Usulkan dananya untuk menggelar lomba antar pemuda yang berkaitan dengan program kerja PKK,”harap Hidayat.

PKK menurutnya adalah garda terdepan dalam upaya membangun kebugaraan dan kesehatan masyarakat. Karena program kerja PKK yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat dapat digerakkan bersama program masintuvu dan morambanga tersebut.

“Misalnya membentuk panitia bersmaa Risma, karang taruna, pemuda gereja buat lomba antar RW atau RT yang diinisasiasi kader PKK,”demikian Hidayat.

Rangkaian kegiatan Jambore PKK dan hari kesatuan gerak PKK ke 47 tingkat Kota Palu tahun ini disemarakkan sedikitnya 11 jenis perlombaan.

Antara lain lomba yel yel. Penyuluhan narkoba. Simulasi pola asuh anak. Menyulam. Penyuluhan KB. Penyuluhan kesehatan lingkungan , hafalan surat pendek dan terjemahan. Simulasi pencegahan kekerasan dalam rumah tangga, penyuluhan stunting, administrasi PKK. Lomba halaman asri, teratur, indah dan nyaman.

Ketua PKK Palu, Irmawati Hidayat, berharap peserta dalammjambore senanatiasa menjaga semangat dan kekompakan selama kegiatan berlangsung.

Dia menjelaskan, pada prinsipnya visi misi PKK sejalan dengan visi misi Pemkot Palu. Yakni Palu kita jasa berbudaya dan beradat dilandasi iman dan taqwa. (mdi/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.