Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Bappeda Palu Kembangkan Aplikasi e- Database SIPD

0 66

PALU EKSPRES, PALU– Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Palu saat ini tengah mengembangkan aplikasi elektronik database sebagai sistem informasi pembangunan daerah (SIPD).

Aplikasi ini nantinya mengintegrasikan seluruh pusat informasi yang ada ditingkat organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkot Palu. Pengendalinya berada di Bappeda Palu. Dengan demikian fungsi koordinasi lintas OPD bisa berjalan baik dimasa mendatang.

Berkaitan hal ini Bappeda Palu Rabu 11 September 2019 kemarin menggelar pelatihan mengenai teknik membaca, mengola dan memvalidasi aplikasi tersebut.

Asisten 1 Pemkot Palu, Rifani Pakamundi menjelaskan, database terintegrasi sangat diperlukan dalam setiap proses perencanaan pembangunan. Hal itu menjadi dasar dalam proses perencanaan, pengawasan serta evaluasi terhadap sebuah program kerja pembangunan daerah.

“E database ini sangat penting sebagai upaya perumusan kebijakan dan penyusunan rencana pembangunan,” kata Rifani mewakili Wali Kota Palu.

Rifani berharap dengan aplikasi demikian data dan informasi ditingkat OPD nantinya dapat terkoordinasi dengan baik dan terencana.  Menurutnya hal ini dilakukan berdasarkan mandat peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 8 tahun 2014 tentang SIPD. Dimana seluruh pemerintah daerah wajib melakukan pemutakhiran dan pembaharuan data pembangunan daerah.

“E database ini adalah sistem yang meliput seluruh data perencanaan pembangunan. Yang dapat memudahkan pemanfaatannya,”demikian Rifani. (mdi/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.