Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Tingkatkan Keakraban Majelis Agama Melalui Muhibbah Kerukunan

0 90

Muhtadin Dg. Mustafa. Foto: Istimewa

PALU EKSPRES, PALU– Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulteng menggelar program bertajuk “Muhibbah Kerukunan” (Cinta Kerukunan), selama dua hari pada Minggu 8 September 2019 hingga Senin 9 September 2019. Sekretaris FKUB Sulteng, Muhtadin Dg. Mustafa menyebutkan, program tersebut merupakan salah satu kegiatan keumatan yang dilaksanakan FKUB, untuk membangun kerukunan dan kehidupan umat beragama yang damai di Sulteng.

Muhtadin menjelaskan, kegiatan tersebut secara umum bertujuan membangun silaturrahmi dan mempererat keakraban FKUB dengan pimpinan majelis agama bersama umatnya, mendapatkan saran dan masukan dari pimpinan majelis agama serta umat beragama tentang pola pembinaan kerukunan umat yang efektif dan berkelanjutan.


Selanjutnya mencegah dini kesalahpahaman umat dan mengikis potensi kecurigaan antarumat beragama, serta memperkuat Trilogi Kerukunan umat beragama yakni kerukunan intern, antarumat beragama dan antara umat beragama dengan pemerintah.
“Kegiatannya dalam bentuk kunjungan ke rumah-rumah ibadah, atau majelis organisasi keagamaan,” kata Muhtadin, Selasa 10 September 2019.


Pada hari pertama, Muhibbah Kerukunan dilaksanakan di Gereja Bala Keselamatan Palu. Hadir dalam kegiatan tersebut para pengurus FKUB Sulteng bersama unsur pimpinan Bala Keselamatan Divisi Kota Palu serta para jemaat Gereja. Turut hadir memberikan arahan, Ketua FKUB Sulteng, Prof. Dr. H. Zainal Abidin.
“Dalam arahannya, Prof. Zainal menyampaikan di antaranya tentang pentingnya membangun kebersamaan dan kerukunan di atas perbedaan keyakinan, serta senantiasa mengedepankan persamaan dan tidak memperbesar perbedaan di antara umat beragama,” ujar Muhtadin.


Selanjutnya, pada Senin 9 September 2019 kegiatan dilaksanakan di Gereja IFGF Komolek bekas Hotel Roa Roa ja;an Pattimura Palu. Pertemuan ini digelar bersama pengurus DPD Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Sulteng dan DPC API Kota Palu.


Muhtadin menerangkan, kegiatan tersebut disambut baik Ketua DPD API Sulteng Pdt. Agung Susilo dan Ketua DPC API Kota Palu Pdt. Dr. Hans Limbara. Keduanya berharap agar Muhibbah Kerukunan dapat menjadi agenda utama FKUB Sulteng setiap tahun, guna memperkenalkan peran-peran FKUB di tengah umat beragama dan sebagai upaya membangun kerukunan dan kedamaian kehidupan umat beragama di Sulteng. (humas FKUB)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.