Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Hutan dan Lahan Terbakar di Touna, Polisi Sedang Menyelidiki Penyebab Kebakaran

0 133

PALU EKSPRES, AMPANA – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tojo Una-Una, AKBP Boyke Karel Wattimena, SIK, MH mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una untuk tidak melakukan pembakaran hutan.

Hal itu disampaikan Kapolres AKBP Boyke Karel Wattimena dengan adanya kebakaran hutan dan lahan yang melanda tiga desa di Kecamatan Tojo dan Tojo Barat.

Kapolres mengatakan, untuk penanganan kebakaran yang terjadi di wilayah Tojo dan Tojo Barat, tim gabungan dari berbagai istansi dan masyarakat setempat sedang berusaha melakukan pemadaman api.

“Jadi saat ini di lokasi sudah ada pemadam kebakaran dan water Cannon milik Polres Tojo Una-Una dan dibantu oleh Pemadam kebakaran milik Pemda Kabupaten Poso,” kata Kapolres.

Lanjutnya, proses pemadaman memang agak sedikit susah karena lahan yang terbakar cukup luas, sehingga pemadaman tidak bisa dilakukan secara tuntas .

“Kemudian api yang melalap lahan juga cepat meluas karena kering dan tiupan angin kencang,” lanjutnya.

Apalagi, kata Kapolres, saat ini musim barat dan musim panas banyak lahan kering, sehingga cepat terbakar.

“Olehnya, menyikapi kejadian kebakaran itu, pihaknya akan menyelidiki proses terjadinya kebakaran hutan dan lahan tersebut,” tegasnya.(mg1/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.