Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Tahun Ini Rencananya Jembatan Palu IV Mulai Dibangun

0 87

PALU EKSPRES, PALU– Rehabilitasi dan rekonstruksi kawasan pantai Teluk Palu tahun ini rencananya mulai berjalan. Badan Perencanaan dan  Pembangunan  Daerah (Bappeda) Kota Palu menyatakan rencana itu akan diawali dengan pembangunan kembali jembatan IV atau jembatan kuning.

Kepala Bappeda Palu, Arfan menjelaskan, selain jembatan, jalanan  disepanjang 7,4kilometer kawasan pantai juga akan segera dibangun. Jalanan di bibir pantai kata Arfan nantinya dibangun lebih tinggi dari sebelumnya (elevated road).

Setelah itu, pembangunan tanggul penahan abrasi atau air rob (coastel protection).

Arfan menjelaskan, rencana tersebut telah dibahas bersama melalui rapat  tim badan koordinasi pemanfaatan ruang daerah (BKPRD) beberapa waktu lalu.

“Tiga aktifitas itu yang rencananya mulai dilakukan tahun ini,”kata Arfan, Kamis 5 September 2019 pekan lalu.

Arfan menyatakan sumber anggaran pembangunan jembatan merupakan hibah dari Pemerintah Jepang. Sedangkan peninggian jalan dan tanggul bersumber dari Bank Asia.

Pembangunan jalan dan tanggul menurutnya dilakukan melalui balai sungai Kementerian PUPR. Berdasarkan informasi, anggaran pembangunan tanggul kemungkinan besar terealisasi lebih awal dari anggaran peninggian jalan.

“Rencana ini secara teknis masih terus dibicarakan dan dievaluasi,”ujarnya.

Meski begitu, pihaknya lanjut Arfan belum mengetahui secara rinci mengenai kepastian waktu mulainya pembangunan jembatan. Sebab hal itu telah menjadi kewenangan pihak Kementerian PUPR.

“Kami hanya mengetahui bahwa ada tiga pembangunan yang akan dilakukan di sepanjang kawasan pantai yang tahun ini katanya mulai berjalan,”pungkasnya. (mdi/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.