Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Satgas Birobuli Selatan Gagas Bentuk Dua Bank Sampah

0 157

PALU EKSPRES, PALU – Satuan tugas kebersihan,keindahan, ketertiban, keamanan dan kenyamanan (Satgas K5) Kelurahan Birobuli Selatan (Birsel)  Kecamatan Palu Selatan Kota Palu menggagas terbentuknya dua bank sampah di kelurahan tersebut.

Lokasi bank sampah masing-masing terletak di rukun warga (RW) III dan V.
Pembentukan bank sampah merupakan upaya mengurai produksi sampah sekaligus pemberdayaan masyarakat.

Lurah Birsel, M Ansyar Taufik selaku koordinator Satgas menjelaskan, selain bank sampah, pihaknya juga langsung memberdayakan sejumlah warga untuk menjadi tenaga pemilah sampah.

Sejauh ini lokasi pemilahan sampah ditempatkan di jalan rumah sakit Islam dan jalan Kijang Selatan 6. Pihaknyapun ungkap Ansyar, memfasilitasi penyediaan lahan sekaligus rumah sementara untuk ditinggali tenaga pemilah.

“Kita meminjam lahan warga. Lalu tenaga pemilah kita tempatkan di sana,”jelas Ansyar, Rabu 14 Agustus 2019.
Sementara untuk lokasi pemilahan di Jalan rumah sakit Islam, menurutnya dilakukan secara bergantian oleh warga.

“Ada juga lokasi yang kami sediakan untuk pemilah di jalan rumah sakit Islam ini,”katanya.

Ansyar menjelaskan, bank sampah yang kini tengah aktif melakukan transaksi adalah bank sampah di RW III. Di bank sampah ini terdapat sediktinya 30 orang nasabah yang mulai aktif sejak Mei tahun 2019.
Sampah kering yang terkumpul di bank sampah, selanjutnya akan dijual ke central bank sampah di Kelurahan Duyu.

Di bank sampah, nasabah jelasnya bisa menukar sampah kering yang telah terpilah dalam bentuk uang tunai maupun berupa investasi emas dalam program yang dijalankan Pegadaian.

“Ini sudah berjalan kurang lebih 4 bulan. Saat ini antusias warga untuk ikut terlihat dari jumlah nasabah yang telah mencapai 30 orang,”terangnya.

Pengangkutan sampah dari lokasi pemilahan tambah dia juga diintervensi Satgas K5.

“Kami punya mitra kendaraan operasional untuk mengangkut sampah dari lokasi pemilahan ke bank sampah,”ujarnya.

Selain program bank sampah, Satgas K5 lanjutnya juga rutin melaksanakan kerja bakti massal bersama warga. Kerjabakti dilakukan setiap Jumat dan Sabtu.

“Kerjabakti rutin ini kami melibatkan warga setempat. Yang sebelumnya kami sampaikan baik melalui pengumuman masjid maupun dor to dor,”paparnya.

Untuk keamanan, selain melaksanakan razia rutin, pihaknya pun menggagas pengaktifan pos ronda. Saat ini telah terdapat sedikitnya 4 pos ronda aktif.

“Satgas K5 setiap hari berkoordinasi dengan ketua ketua RT dan RW untuk kegiatan jaga pos ronda ini,”demikian Ansyar.(mdi/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.