Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Hari Raya Lalampa, Warga Parigi Utara Bagi-Bagi Ribuan Lalampa Gratis

0 154

PALU EKSPRES, PARIGI – Pasca Hari Raya Idul Adha, masyarakat yang tergabung dari lima Desa di Kecamatan Parigi Utara, Kabupaten Parigi Moutong menggelar Hari Raya Lalampa, Rabu, 14 Agustus 2019. Perayaan hari raya lalampa di pusatkan di Desa Toboli, Kecamatan Parigi Utara. Di hadiri oleh Asisten 1 Setda Parimo, Samin Latandu dan aparat pemerintahan setempat.

Camat Parigi Utara, Rahman Badja kepada media ini mengatakan, tujuan utama dilaksanakannya Hari Raya Lalampa di Toboli, untuk menjalin silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat setempat. “Yang menjadi dasar kami melaksanakan kegiatan ini, karena kuliner Lalampa ini adalah kuliner yang sudah dikenal di Parimo,” ujarnya.

Sebab, menurutnya di Kabupten Parigi Moutong sudah ada Hari Raya Ketupat yang setiap tahunnya dilaksanakan di Kelurahan Bantaya. Kemudian di Kelurahan Kampal juga ada hari Raya Suluvi (Nasi Bambu). “Nah inilah yang menjadi dasar kami sehingga dilaksanakan Hari Raya Lalampa di Toboli ini,” jelasnya.

Dia mengatakan, sebagai Pemerintah di Kecamatan Parigi Utara, Ia terus merangkul dan mengajak kalangan muda maupun masyarakat lainnya untuk menjalin kebersamaan dalam membangun Kecamatan Parigi Utara yang lebih baik lagi kedepannya. “Jadi ajang ini intinya adalah silaturahmi,”katanya. Usaha kuliner Lalampa di Toboli kata dia, sangat mendukung perekonimian masyarakat dalam menghidupi keluarganya. Sehingga, dengan usaha kuliner Lalampa tersebut, mereka bisa membiayai sekolah anak-anaknya.

Ia menambahkan, pelaksanaan kegiatan hari raya lalampa ini berkat kerjasama masyarakat di lima desa yang ada di Kecamatan Parigi Utara yakni, Desa Pangi, Desa Sakina Jaya, Toboli, Toboli Barat, dan Desa Avolua. “Jadi lima desa ini mengumpulkan lalampa. Dan di perkirakan jumlah lalampa yang terkumpul sekitar 3 ribu buah.”ujarnya.

Pantauan media ini, ratusan pengunjung memadati tempat penjualan lalampa Toboli. Khusus untuk hari ini, semua penjual di sepanjang jalan Toboli memberikan cuma-cuma lalampanya kepada para pengunjung. Selain, pengunjung yang menikmati lalampa Toboli, pengendara yang melintas pun juga dapat bagian lalampa gratis. (asw/palu ekspres)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.