Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

209 Warga Binaan Lapas Ampana Bakal Dapat Remisi Kemerdekaan

0 146

PALU EKSPRES, AMPANA– Sebanyak 209 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ampana Kabupaten Tojo Una-Una (Touna) bakal mendapat remisi kemerdekaan pada 17 Agustus 2019 mendatang.

Ratusan napi yang diusulkan mendapat remisi kemerdekaan kepada Kementerian Hukum dan HAM itu pengurangan masa tahanan mulai dari satu bulan sampai dengan maksimal enam bulan.
“Para warga binaan yang diajukan mendapat remisi semuanya sudah memenuhi ketentuan,” kata Kepala Lapas Kelas IIB Ampana Amry Bc. Ip, S.Sos melalui Kasi Binadik/Giatja Hidayat, S.Sos, Selasa 13 Agustus 2019.

Dia mengungkapkan, dari 209 warga binaan yang diajukan remisi, sebanyak 197 orang narapidana kasus pidana umum. Sementara sisanya 12 orang kasus pidanan khusus.
“Untuk persyaratan pengajuan remisi narapidana pidana umum minimal sudah menjalani masa pidana selama 6 bulan dan tidak pernah berbuat pelanggaran. Sedangkan untuk pidana khusus harus menjalani masa pidana 1/3 masa hukuman dan juga ada beberapa berkas yang harus di lengkapi,” ungkapnya.

Ia memprediksi jumlah remisi yang disetujui oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) tidak jauh berbeda dengan yang diusulkan.
“Karena pengajuan remisi saat ini dilakukan menggunakan Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) , semua data diinput online, dengan cara masukan nama, tanggal lahir dan termasuk tahun lahir,” kata dia.

Hidayat juga mengatakan, untuk hasil usulan remisi sudah disampaikan biasanya hasilnya turun atau diterima sekitar 15 atau 16 Agustus 2019 dan penyerahan remisi ini akan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Touna bertepatan peringatan hari Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Lapas Kelas IIB Ampana pada upacara 17 Agustus nanti.
“Kami berupaya semaksimal mungkin melakukan pembinaan terhadap warga binaan di lembaga pemasyarakatan dengan harapan, saat mereka mendapat kebebasan dapat diterima di tengah-tengah masyarakat,” ujar Hidayat. (mg1/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.