Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

PSU di  TPS 1 Desa Bolobia Sigi, Bawaslu Akan Bangun Posko Pengaduan

0 64

PALU EKSPRES, SIGI– Bawaslu Sigi akan melakukan pengawalan dan pengawasan ketat terhadap pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 1 Desa Bolobia, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi.
“Untuk memaksimalkan pengawalan dan pengawasan PSU di TPS 1 Desa Bolobia, kita akan membangun posko pengaduan bagi masyarakat,”kata komisioner Bawaslu Sigi, Dewi Tisnawati, Selasa, 13 Agustus 2019.

Dewi menyebutkan, posko pengaduan ini dibangun dengan tujuan agar memudahkan masyarakat untuk melaporkan segala macam pelanggaran dalam pelaksanaan PSU tersebut.
“Rencananya hari ini kita akan turun langsung membangun posko pengaduan dan melihat langsung kondisi di lapangan jelang PSU di TPS 1 Desa Bolobia,”ungkapnya.

Anhar. Foto: Istimewa

Lebih lanjut kata Dewi, untuk soal pengawasan PSU di TPS 1 Desa Bolobia akan ditangani langsung oleh Bawaslu Sigi. Sehingga, segala persiapan maupun kordinasi di lapangan akan kita lakukan, untuk memaksimalkan pengawasan pelaksanaan PSU di TPS 1 Desa Bolobia.
“4 atau 5 hari jelang PSU di TPS 1 Desa Bolobia, kami sudah stand by di lapangan. Hal ini kita lakukan tentu tidak lain untuk mengawal jalanya PSU agar berjalan lancar tanpa ada pelanggaran di dalam pelaksanaanya,”tegas Dewi.

Untuk pelaksanaan PSU, kata Dewi, sesuai informasi dari KPU Sigi akan dilaksanakan pada Minggu, 18 Agustus 2019.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi ( MK) memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di satu TPS di Desa Bolobia, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Hal ini menyusul dikabulkannya gugatan yang dimohonkan PDI Perjuangan (PDI-P) untuk DPRD Kabupaten Sigi.
“Mengabulkan permohonan pemohon sepanjang menyangkut perolehan suara calon anggota DPRD Kabupaten Dapil Sigi V untuk sebagian,” kata Ketua MK, Anwar Usman saat membacakan putusan dalam persidangan yang digelar di Gedung MK, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Agustus 2019.

Sementara itu, pasca putusan MK yang memerintahkan KPU untuk melaksanakan PSU di TPS 1 Desa Bolobia, Kecamatan Kinovaro, saat ini KPU Sigi sementara mempersiapkan segala tahapan pelaksanaan PSU tersebut.
“Untuk menindaklanjuti putusan MK, saat ini kita masih mempersiapkan segala tahapan pelaksanaan PSU di TPS 1 Desa Bolobia,” kata komisioner KPU Sigi Anhar, Selasa, 13 Agustus 2019.

Anhar mengatakan, adapun persiapan yang dilakukan antara lain, persiapan sosialisasi, pembentukan KPPS, pembentukan PPK, dan beberapa tahapan lainnya.
“Untuk tahapan sosialisasi saat ini sudah sementara dilakukan. Supaya pelaksanaan PSU dapat secepatnya diketahui masyarakat,”ucap Anhar.

Waktu yang diberikan MK kata Anhar, yaitu 14 hari kerja. Olehnya, kemungkinan besar pelaksanaan PSU akan dilakukan pada Minggu, 18 Agustus 2019.
“Pada intinya pelaksanaan PSU pasti dilakukan sebelum 14 hari kerja yang diberikan MK, olehnya saat segala persiapan tahapan pelaksanaanya kita matangkan terlebih dahulu, agar pelaksanaan PSU di TPS 1 Desa Bolobia, dapat berjalan lancar,”ungkap Anhar. (mg4/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.