Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Kementerian PUPR Monitoring Pembangunan Huntap di Desa Pombewe

0 74

PALU EKSPRES, SIGI– Direktur Direktorat Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktoral Jenderal Penyediaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir. Moch. Yusuf Hariagung, melakukan monitoring pembangunan hunian tetap atau huntap yang ada di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulteng, pada jumat, 2 Agustus 2019.
“Monitorinng yang kita lakukan ini tujuannya untuk melihat langsung kondisi di lapangan terkait pembangunan huntap khususnya pembangunan huntap bagi masyarakat yang menjadi korban bencana alam gempa bumi, likuifaksi dan tsunami di Kabupaten Sigi,” kata Direktur Direktorat RUK Kementrian PUPR, Ir.Moch.Yusuf Hariagung, saat meninjau langsung rumah contoh yang telah dibangun di lokasi pembangunan huntap di Desa Pombewe, Kabupaten Sigi.

Rumah contoh yang dibangun di lokasi pembangunan huntap di Desa Pombewe, Kabupaten Sigi, menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISA).

Pembangunan huntap akan dilakukan di lokasi seluas 104 Ha, dengan daya tampung 1.500 unit rumah. Untuk satu unit rumah memiliki luas bangunan atau luas tanah LB atau LT 36/150 m².
”Selain huntap, di loksi ini akan dibangunkan sarana dan prasarana pendukung bagi masyarakat, seperti rumah ibadah, sekolah dan fasilitas pendukung lainnya,” kata Yusuf Hariagung.

Yusuf Hariagung menyatakan, hasil monitoring yang dilakukan ini nantinya akan menjadi bahan evaluasi.
“Setiap tahapan pembangunan huntap akan dievaluasi. Hal ini guna k memaksimalkan pembangunan Huntap bagi masyarakat yang menjadi korban bencana,”ungkap Yusuf, yang saat itu juga didampingi dari pihak Dinas PUPR Provinsi Sulteng, pihak SNVT penyedia perumahan di Sulteng dan Dinas PU dan Perumahan Kabupaten Sigi.

Seusai melakukan monitoring di lokasi pembangunan huntap, Direktur Direktorat RUK Kementerian PUPR, Yusuf Hariagung, melakukan monitoring dan evaluasi Program Bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) Kementerian PUPR tahun anggaran 2019, yang dikucurkan di Kabupaten Sigi.

Perumahan yang mendapatkan bantuan Program PSU dari Kementerian PUPR di Kabupaten Sigi, yaitu Perumahan Kelapa Gading, Perumahan Graha Mutiara Tinggede dan Perumahan Griya Baliase Bumi Mulya.
”Program bantuan PSU diberikan oleh Kementerian PUPR kepada pengemban atau developer yang membangun rumah KPR Subsidi dalam rangka pemenuhan jumlah unit hunian untuk mendukung Program Satu Juta Rumah,” terang Kepala Seksi Pembinaan Perumahan Formal Dinas PU dan Perumahan Kabupaten Sigi, Eko Sugiarto Hanapi, ST, sewaktu mendampingi Direktur Direktorat RUK Kementerian PUPR.

Pada kesempatan itu pula, Direktur Direktorat RUK Kementerian PUPR melakukan peninjauan kesiapan pelaksanaan pembangunan KPR Subsidi Berbasis Komunitas yang diprakarsai oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sigi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan. Setelah sebelumnya, Pemda Kabupaten Sigi telah melaksanakan ekspose di Kementerian PUPR.
“Pascabencana alam gempa bumi, likuefaksi dan tsunami, banyak sekali warga Kabupaten Sigi yang kehilangan rumah atau tempat tinggal, tidak terkecuali ASN maupun para pelaku usaha kecil. Oleh karena itu, pemda Sigi melalui Dinas PU dan Perumahan membuat program KPR Subsidi Berbasis Komunitas,” kata Eko Hanapi.

Eko menyebutkan, program KPR subsidi berbasis komunitas akan bekerjasama dengan pihak Perbankan dan pihak Pengembang atau developer. Adapun untuk mekanisme pengambilan program KPR tersebut kata Eko, warga terlebih dahulu membentuk sebuah komunitas. Setelah komunitasnya terbentuk, barulah mengajukan kredit untuk pembelian KPR subsidi berbasis komunitas itu.
“KPR subsidi berbasis komunitas ini DPnya 0 persen dan biaya akad kreditnya dapat diangsur,” ucap Eko.

Saat ini pengembang perumahan atau developer yang telah menyiapkan lahan untuk program KPR tersebut, kata Eko, adalah PT. Abdi Jasa Developer, pengembang Perumahan Kelapa Gading di Kabupaten Sigi.
“Kami berharap dan mengajak kepada para pengembang perumahan atau developer yang berada di Kabupaten Sigi, untuk bisa bersama-sama terlibat dalam program KPR Subsidi Berbasis Komunitas ini,” ujar Eko.

Program KPR Subsidi berbasis komunitas yang diprakarsai Pemda Sigi melalui Dinas PU dan Perumahan Kabupaten Sigi, mendapat apresiasi dari Kementerian PUPR. Pasalnya, kata Direktur Direktorat RUK Kementrian PUPR, Yusuf Hariagung, program KPR Subsidi Berbasis Komunitas yang digalakkan pemda Sigi sangat baik dalam rangka pemenuhan hunian bagi masyarakat.
“Pasca bencana seperti ini, tentu masyarakat sangat membutuhkan rumah. Sehingga, program KPR subsidi berbasis komunitas yang diprakarsai Pemda Sigi sangat baik untuk pemenuhan hunian bagi masyarakatnya. Selain itu, program KPR tersebut, juga mendukung Program Satu Juta Rumah, olehnya kami sangat memberikan apresiasi atas hal tersebut,” pungkas Yusuf Hariagung. (mg4/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.