Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Ansyar Sutiadi: Rotasi Guru Berdasarkan Kecukupan Jam Mengajar Guru

0 50

PALU EKSPRES, PALU – Pelaksanaan rotasi guru di sekolah-sekolah negeri, dipandang penting sebagai salah satu upaya pemerataan pendidikan. Rotasi guru dapat menjadi salah satu jalan untuk menunjang pelaksanaan sistem zonasi pada penerimaan peserta didik di sekolah-sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi menyebutkan, pelaksanaan rotasi guru di sekolah-sekolah di Kota Palu, telah dilaksanakan secara bertahap sejak tahun 2017 lalu atau sejak tahun pertama pemberlakuan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Palu.

“Rotasi guru dilakukan berbarengan dengan pemberlakuan zonasi pada PPDB yakni dari tahun 2017, kita lakukan secara parsial dan sesuai dengan kebutuhan,” kata Ansyar, di ruang kerjanya, Selasa 30 Juli 2019.

Namun Ansyar mengungkapkan penerapan rotasi guru tidak dapat dilakukan secara penuh karena adanya kondisi kekurangan guru di jenjang SD maupun kekurangan guru di beberapa mata pelajaran di jenjang SMP. Olehnya, untuk memenuhi kebutuhan guru di jenjang SD, pihak Disdikbud menempuh langkah mengambil guru-guru dari sekolah swasta untuk memenuhi kebutuhan di sekolah negeri.

“Untuk SMP ada memang beberapa mata pelajaran yang mengalami kekurangan guru, seperti bahasa Inggris atau bahasa Indonesia, ada juga kekurangan seperti guru konseling atau guru teknologi informasi dan komunikasi,” jelasnya lagi.

Untuk pelaksanaan rotasi guru ke depannya, Ansyar menyebutkan pihaknya akan melakukan berdasarkan kecukupan jam mengajar guru serta nilai Uji Kompetensi Guru (UKG) yang bersangkutan. Rotasi berdasarkan UKG tersebut dilakukan, agar tidak terjadi penumpukan guru dengan nilai kompetensi baik di sekolah-sekolah tertentu saja.

“Kita merotasi guru yang jam mengajarnya cukup sambil melihat hasil nilai UKG.
Akan kita sebar guru-guru yang memiliki nilai kompetensi bagus, sehingga tidak menumpuk di salah satu sekolah. Sehingga guru-guru yang memiliki kompetensi bagus bisa terdistribusi dengan baik,” ujar Ansyar. (abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.