Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

JK Janji Dukung Perkembangan Industri Otomotif

GIIAS Resmi Dibuka

0 49

PALU EKSPRES, JAKARTA – Salah satu pameran otomotif terbesar di dunia Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) resmi dibuka di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (18/7/2019).

Pameran yang mengusung tema Future in Motion itu menghadirkan berbagai macam produk kendaraan terbaru yang didukung teknologi termutakhir dari industri otomotif dunia. Total ada ratusan merek dan produk yang dipertunjukkan.

Pameran tersebut dibuka Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi Karya, dan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso. Dalam paparannya, JK menyatakan bahwa industri otomotif Indonesia telah berkembang pesat.

Pesatnya perkembangan industri otomotif bahkan tak jarang jadi biang kemacetan jalan di beberapa kota di Indonesia. Menurut JK, kemacetan tersebut menjadi bukti perekonomian Indonesia saat ini semakin lama semakin membaik. Sebab, daya beli masyarakat terhadap kendaraan masih tinggi.

“Tanda-tanda ekonomi suatu bangsa (berkembang) kalau sudah macet. Karena (masyarakat) di negara yang bisa beli mobil yang bisa macet. Tentu harus diatur oleh Kemenhub agar pemakaian mobil itu teratur,” kata JK dalam orasi sambutannya, Kamis (18/7/2019).

Untuk mendukung perkembangan industri otomotif Indonesia, JK memastikan pemerintah akan mendukung dari segi regulasi maupun infrastruktur yang dibutuhkan. Pemerintah bahkan telah membangun car terminal di Tanjung Priok untuk aktivitas impor dan ekspor kendaraan. Nantinya akan ada pula pembangunan fasilitas serupa di sejumlah kota Indonesia.

“Rencananya ada car teminal di Subang. Pemerintah akan mendukung dengan infrastruktur yang berkembang,” katanya.

JK mengharapkan, perkembangan industri otomotif di Indonesia dapat memberikan efek berganda (mutiplier efek) terhadap perekonomian nasional ataupun daerah. Terlebih industri ini memiliki ratusan vendor yang berkembang satu sama lainnya. Hal tersebut diharapkan jadi momen untuk menyerap tenaga kerja yang berasal dari Indonesia. “Sehingga bisa digaji di atas UMR,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi mengajak semua pihak untuk mendukung dan ikut berperan dalam industri otomotif nasional. Dia memercayai, industri tersebut akan memberikan dampak terhadap ekonomi nasional.

“Kami mengajak untuk berpartisipasi dalam industri otomotif. Karena akan menumbuhkan multiplier efek perekonomian Indonesia,” jelasnya.

Sebagai informasi, GIIAS 2019 hari pertama baru akan dibuka untuk umum mulai pukul 17.00 WIB. Berbagai program interaktif dan edukatif, serta fasilitas pameran yang nyaman diklaim menjamin hadirnya beragam ide dan inspirasi oleh pengunjung. GIIAS 2019 juga akan menyajikan berbagai promo yang ditawarkan peserta pameran dari para pelaku industri otomotif dan penunjangnya.

GIIAS 2019 mengusung tema Future in Motion dan disebut akan menampilkan transformasi teknologi dari industri otomotif sepanjang penyelenggaraan pameran. Berbagai macam teknologi terkini dan inovasi terbaru dari para agen pemegang merek juga akan menyemarakkan gelaran GIIAS 2019.

Pameran otomotif tahunan ini menghadirkan berbagai macam produk kendaraan terbaru yang didukung teknologi terkini dari vendor kelas dunia. Puluhan launching akan terungkap pada press conference yang berlangsung pada 18 Juli 2019 pukul 12.00-18.30 WIB. Mulai dari lini kendaraan penumpang hingga kendaraan komersial bakal meramaikan gelaran GIIAS 2019.

Dalam penyelenggaraannya, GIIAS 2019 didukung penuh oleh Astra Financial sebagai Platinum sponsor, Blibli.com sebagai exclusive e-commerece, serta online ticketing dan Go-jek sebagai GIIAS 2019 on demand platform.

(igm/jpc)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.