Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Bunda PAUD Parimo: Perhatikan Pengelolaan Makanan Tambahan Anak

0 60

Bunda Paud Kabupaten Parimo, Noor Wachida Prihartini S. Tombolotutu. Foto: Aswadin/PE

PALU EKSPRES, PARIGI – Bunda PAUD Kabupaten Parigi Moutong, Noor Wachida Prihartini S. Tombolotutu mengatakan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Parigi Moutong saat ini menuju holistik integratif.

PAUD holistik integratif kata dia, adalah pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam, meliputi berbagai aspek fisik dan non fisik, termasuk mental, emosional dan sosial.

Hal itu disampaikan Bunda PAUD Parimo pada kegiatan pelantikan pengurus P2TP2A, Ketua TP- PKK Kecamatan dan pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan dirangkaikan dengan penandatanganan MoU mitra P2TP2A, berlangsung di lantai II Kantor Bupati Parigi Moutong, Selasa, 16 Juli 2019.

Menurut dia, konsep PAUD holistik integratif juga meliputi pengembangan karakter, pengembangan aspek moral, dan menekankan layanan kesehatan dan gizi serta stimulasi. Sehingga, diharapkan kepada Bunda Paud yang telah dikukuhkan untuk memperhatikan pemberian makanan tambahan yang berkualitas agar bermanfaat bagi anak usia dini.

Dia juga mengimbau kepada bunda Paud Kecamatan se-Kabupaten Parigi Moutong untuk memperhatikan pengelolaan makanan tambahan. Sebab, anggaran itu bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD). “Tolong Bunda PAUD untuk mengawasi dan berperan serta menghitung makanan-makanan anak usia dini karena ini memakai ADD,” katanya.

Tujuan PAUD holistik integratif lanjut dia, untuk memenuhi 5 pilar hak anak. Mulai dari hak anak untuk terhindar dari penyakit, serta hak terpenuhi kecukupan gizi agar dapat bereksplorasi dan mengembangkan kemampuan otaknya dengan maksimal.

Selain itu, anak juga perlu distimulasi sedini mungkin, mendapatkan pengasuhan yang baik, serta hak mendapatkan perlindungan dari kekerasan fisik dan psikologis. “Kelima pilar inilah yang disebut pengembangan PAUD holistik integratif,” ujarnya.(asw/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.