Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Kemenag Sulteng Imbau Pelaksanaan Salat Gerhana

0 72

H. Muh. Ramli. Foto: Dok

PALU EKSPRES, PALU – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng menyampaikan imbauan kepada seluruh umat Islam di Sulteng, untuk dapat melaksanakan salat gerhana secara berjemaah, terkait dengan akan adanya peristiwa gerhana bulan sebagian (parsial) pada Rabu 17 Juli 2019.

Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kanwil Kemenag Sulteng, H. Muh. Ramli menyebutkan, imbauan tersebut telah disampaikan oleh Kemenag RI melalui Direktorat Jenderal Bimas Islam kepada Kanwil Kemenag se-Indonesia.
“Imbauan itu kami teruskan ke seluruh Kabupaten dan Kota di Sulteng, untuk diteruskan dan disampaikan hingga ke Masjid-masjid,” kata Ramli, saat dihubungi, Senin 15 Juli 2019.

Dalam imbauan yang dikeluarkan oleh Kemenag tersebut, mencantumkan kepada umat Islam untuk melaksanakan salat gerhana secara berjemaah yang diiringi dengan khutbah. Pelaksanaannya disesuaikan dengan kondisi di wilayahnya masing-masing.

Turut dicantumkan bahwa berdasarkan data astronomis pada Rabu 17 Juli 2019 mulai pukul 03.01 WIB di akan terjadi gerhana bulan sebagian, yang dapat diamati di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Puncak gerhana terjadi pada pukul 04.30 WIB dan akhir gerhana pada 05.59 WIB.
“Sesuai imbauan tersebut saya mengajak segenap umat Islam khususnya di Sulawesi Tengah untuk melakukan shalat gerhana, waktunya dapat dilakukan sebelum salat subuh,” ujar Ramli.

Selain itu, umat Islam juga dianjurkan untuk bertakbir, memperbanyak zikir, istigfar, sedekah dan amal-amal kebajikan lainnya. Umat Islam juga diminta untuk mendoakan keselamatan bangsa dan negara. (abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.