Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Ribuan Kursi di SMP Negeri di Palu Tidak Terisi

0 112

H. Ansyar Sutiadi. Foto: DOK.

PALU EKSPRES, PALU – Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP di seluruh SMP Negeri di Kota Palu telah berakhir pada 6 Juli 2019. Meski begitu, masih tersisa ribuan kursi peserta didik di sebagian besar SMP Negeri yang tidak terisi pendaftar.

Data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu pada Selasa 9 Juli 2019 pukul 11.30 WITA menunjukkan, masih ada 1.677 kursi yang tersisa di sekolah-sekolah negeri, dari total 5.376 kursi yang disediakan. Dari 23 SMP Negeri di Kota Palu sebagian besar mengalami kekurangan pendaftar. Hanya 4 sekolah yang jumlah pendaftarnya melebihi kuota.
“Kuota yang disiapkan sebanyak 5.376 kursi, dan yang terisi 3.591 kursi. Sehingga masih ada 1.677 yang tersisa. Insyaallah sore nanti (kemarin-red) akan dilakukan finalisasi dan besok (hari ini-red) akan diumumkan kepada masyarakat terkait hasil PPDB,” jelas Kepala Disdikbud Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi, di ruang kerjanya, Selasa 9 Juli 2019.

Dalam rapat finalisasi tersebut, lanjut Ansyar, pihaknya akan mencari tahu penyebab masih kurangnya jumlah pendaftar di sekolah-sekolah Negeri. Salah satunya dengan mengintegrasikan data PPDB pada SMP swasta maupun di Madrasah Tsanawiyah (MTs).
“Kita cari tahu betul dulu berapa total peserta didik yang dapat tertampung. Kenapa bisa kurang itu belum bisa dijawab, karena masih menunggu data dari sekolah-sekolah lainnya. Kita cari dulu datanya baru kita tahu asalnya,” tutur Ansyar.

Terkait 4 sekolah yang mengalami kelebihan pendaftar, Ansyar menyebutkan pendaftar tersebut akan dialihkan ke sekolah lainnya yang masih berada dalam satu zonasi.
“Kita alihkan, ke sekolah terdekat sesuai dengan zonasinya,” tandasnya. (abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.