Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

12.596 Pendaftar Berebut Kuota SBMPTN di Untad

0 120

Darsikin. Foto: DOK.

PALU EKSPRES, PALU – Proses pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2019 telah berakhir pada Senin 24 Juni 2019 pukul 22.00 WITA. Sejak dibuka pada 10 Juni 2019 lalu hingga hari terakhir, jumlah pendaftar SBMPTN yang memilih Universitas Tadulako (Untad) tercatat sebanyak 12.596 pendaftar.

Koordinator Humas Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN Untad, Dr. Darsikin, saat ditemui di Rektorat Untad, Selasa 25 Juni 2019 menyebutkan, dari total jumlah tersebut sebanyak 6.748 mendaftar pada Sains dan Teknologi (Saintek) dan 5.848 mendaftar pada Sosial dan Humaniora (Soshum).

Para pendaftar SBMPTN tersebut, lanjutakan memperebutkan kuota mahasiswa baru (Maba) jalur SBMPTN Untad sebanyak 5.055 orang. “Total pendaftar hingga hari terakhir sebanyak 12.596 orang. Pendaftar paling banyak dari Provinsi Sulteng yakni 9.620 orang, selanjutnya dari Provinsi Sulsel 840 orang dan Sulbar 514 orang,” kata Darsikin.

Ia mengungkapkan, seperti tahun-tahun sebelumnya secara umum Program Studi (Prodi) Manajemen pada Fakultas Ekonomi menjadi terfavorit dengan jumlah pendaftar terbanyak.

Berdasarkan bidangnya, para pendaftar Saintek berturut-turut terbanyak pada Prodi Pendidikan Dokter, Teknik Sipil dan Informatika. Sedangkan pada Soshum berturut-turut terbanyak pada Prodi Manajemen, Akuntansi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).
“Masih Manajemen yang menjadi favorit pendaftar,” imbuhnya.

Para pendaftar selanjutnya akan dilakukan pemeringkatan berdasarkan nilai hasil UTBK, yang telah dilaksanakan pada bulan April 2019 lalu. Capaian nilai pada UTBK nantinya yang menjadi acuan untuk menentukan pemeringkatan para pendaftar di Prodi pilihannya, dengan menyesuaikan kebutuhan dan daya tampung masing-masing Prodi. (abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.