Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Ini Pesan Kakanwil Kemenag Sulteng ke Penyuluh Agama

0 65

SAMBUTAN – Kakanwil Kemenag Sulteng, Dr. H. Rusman Langke menyampaikan sambutan pada Penilaian Penyuluh Agama Islam Teladan tingkat Provinsi Sulteng tahun 2019. Foto: AHSAN/KEMENAG SULTENG

PALU EKSPRES, PALU – Para penyuluh agama Islam yang bertugas memberikan pemahaman dan pembinaan keagamaan di tengah-tengah masyarakat, dinilai memiliki berbagai peran strategis dalam pembinaan masyarakat.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, Dr. H. Rusman Langke, menyebutkan bahwa para penyuluh agama ketika menjalankan tugas-tugasnya, setidaknya harus mampu menjadi motivator dan inspiratory yang memberi motivasi dan inspirasi kepada masyarakat.

“Harus memberikan motivasi kepada masyarakat bagaimana hidup dengan keberagaman.
Juga mampu tampil sebagai inspiratory, bagaimana ketika menyampaikan penyuluhan ada inspirasi yang muncul,” kata Rusman, saat membuka Penilaian Penyuluh Agama Islam Teladan tingkat Provinsi Sulteng tahun 2019, di aula Kanwil Kemenag Sulteng, Selasa 25 Juni 2019.

Olehnya, Rusman menegaskan bahwa para penyuluh agama tidak boleh berhenti belajar dan berlatih untuk terus memperbaharui kompetensinya dalam menjalankan pembinaan keagamaan kepada masyarakat.
Selain itu juga harus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang saat ini semakin maju.

“Harus banyak membaca. Tidak boleh ketinggalan, karena masyarakat sangat dinamis. Sekarang zaman teknologi yang sungguh sangat luar biasa perkembangan ilmu pengetahuan,” ujarnya.

Selain itu, Rusman juga menekankan bahwa penyuluh agama juga merupakan dinamisator, yang menjadi penggerak kehidupan keagamaan masyarakat, untuk mewujudkan masyarakat yang beriman dan bertakwa.
Dalam pemilihan penyuluh agama Islam teladan tingkat Provinsi, Kanwil Kemenag Sulteng akan menilai para penyuluh agama Islam berprestasi baik PNS maupun non-PNS yang sebelumnya mendapat predikat terbaik di tingkat Kabupaten dan Kota se-Sulteng.
Nantinya, penyuluh agama yang terpilih akan mewakili Sulteng pada pemilihan penyuluh agama teladan di tingkat nasional.’

“Insyaallah kita akan mendapatkan penyuluh-penyuluh agama teladan yang mewakili Sulteng di tingkat nasional. Ini merupakan penghargaan kepada mereka yang berprestasi dan mengabdi di Kemenag Sulteng,” tandas Rusman. (abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.