Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Pemkab Donggala Buka Kerjasama Domestik

0 188

TATAP MUKA – Wakil Bupati Donggala, Moh Yasin mewakili Pemerintah Kabupaten Donggala melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Balikpapan, Kaltim, Selasa (18/6/2019). Foto: Jose Rizal/PE

PALU EKSPRES, BALIKPAPAN – Wakil Bupati Donggala, Moh Yasin mewakili Pemerintah Kabupaten Donggala melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Balikpapan, Kaltim, Selasa (18/6/2019). Kunjungan tersebut diterima Wakil Walikota Balikpapan, H. Rahmad Mas’ud di kantor Walikota.

Dalam pertemuan tersebut, Pemkab Donggala dan Pemkot Balikpapan membahas peluang kerjasama terutama dalam hal pengelolaan sumber daya alam, peternakan, juga di bidang pertanian dan perkebunan melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda)

“Memang sudah saatnya pemerintah hadir dalam kerjasama pengelolaan di bidang SDA, Pertanian, Perkebunan dan Peternakan. Umumnya pembangunan di kota Balikpapan ini bahan baku pasir batu berasal dari Palu dan Donggala. Demikian pula hasil pertanian seperti buah, sayuran dan peternakan. Kami sangat terbuka bila kedua daerah ini bisa bekerjasama, lebih khusus di hal-hal yang saya sebutakan diatas,” ujar Rahmad.

Wawali berdarah Mandar ini mengatakan, Pemkot Balikpapan pada prinsipnya siap dan membuka peluang kerjasama sebesar-besarnya asalkan kerjasama tersebut memberikan dampak positif sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh kedua daerah.

Lanjut Rahmad, dalam waktu dekat Pemkot Balikpapan akan membangun jalan tol yang mana akan memerlukan bahan material batu dan pasir yang tidak sedikit. Melalui kerjasama ini, Kabupaten Donggala bisa menyuplai kebutuhan untuk pembangun jalan tol tersebut. Selain itu bebernya kebutuhan sayur, buah, sapi, dan ayam potong sangat tinggi di kota Balikpapan

“Tingkat konsumsi sayur dan buah-buahan sangat tinggi di Balikpapan ini.

Apalagi kebutuhan daging sapi dan ayam potong. Untuk konsumsi daging sapi saja sekitar seribu ekor perbulan dan daging ayam satu juta ekor perbulan. Kabupaten Donggala bisa menjadi penyuplai karena sangat terkenal dengan sapi Donggala,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Donggala, Moh Yasin menyampaikan akan menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut dengan membuat dokumen Memorandum of Understanding (MoU).

Dikatakanya Pemkab Donggala berkomitmen menjalin kerjasama dengan Pemkot Balikpapan dalam pengelolaan Hasil SDA, Pertanian, Perkebunan dan Peternakan.

“Pertemuan ini akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan MoU oleh Bupati Donggala, Kasman Lassa dan Walikota Balikpapan Rizal Effendi. Tentu kami mengucapkan terima kasih atas kesediaan Pemkot Balikpapan bersedia bekerjasama dengan Pemkab Donggala.

Semoga hubungan kedua daerah ini semakin baik kedepannya,” demikian Yasin.

Moh Yasin didampingi Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan, Gosal Syah Ramli, anggota DPRD Donggala, Maspuang, Kadis PUPR, Happy Hindari Noor, Kaban Pendapatan Daerah, Muh Fahri, Kabag Humas, Anhar, dan beberpa kepala bidang serta staf diterima Wawali diruang pertemuan kantor Walikota Balikpapan pukul 10.00. Pertemuan ini berakhir pada pukul 12.30. (mg6/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.