Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Demokrat Berpeluang Dapat Jatah Menteri Jokowi, Bagaimana Tanggapan PDIP?

0 197

PALU EKSPRES, JAKARTA– Kian intens hubungan antara Partai Demokrat dengan PDI Perjuangan belakangan ini membuka spekulasi partai berlambang mercy itu akan mendapat jatah menteri Joko Widodo-Maruf Amin.

Seperti momen lebaran, beberapa hari lalu, dua putra Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono bersama menantu sowan ke kediaman Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat.

Wakil Sekjen PDIP, Ahmad Basarah mengatakan, pihaknya membuka kerja sama dengn semua kekuatan bangsa Indonesia.

“Apalagi partai politik yang memiliki kekuatan di parlemen,” kata Basarah kepada wartawan di Kantor PP PA GMNI, Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu malam (8/6/2019).

Meski begitu, ia tidak dapat menjamin keakraban yang terjalin antara PDIP dan Demokrat berbuah kerja sama konkret. Sebab, tegas Basarah, keputusan final terkait komposisi kabinet ada di tangan presiden terpilih.

“Tetapi mengenai cara dan kerja sama politik terkait dengan kabinet, keputusan final pada di presiden terpilih, selaku pemegang hak prerogratif untuk menyusun kabinet,” kata Basarah.

Intinya, jelas dia, PDIP menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi-Maruf mengenai susunan kabinet jika dilantik Oktober nanti.

“PDIP menyerahkan keputusan tersebut kepada presiden terpilih yang akan ditetapkan pada 20 oktober tahun ini,” demikian Basarah. (rmol)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.