Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Pancasila, Merajut Identitas Keberagaman

0 218

PALU EKSPRES, PALU – Gubernur Sulteng Longki Djanggola menjadi instruktur pada peringatan Hari Kelahiran Pancasila, 1 Juni 2019 di Kantor Gubernur pagi tadi.

Gubernur mengatakan, peringatan hari kelahiran Pancasila adalah momen meneguhkan komitmen untuk mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

”Walaupun kita sebagai bangsa, masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, diakui bahwa, eksistensi ke-Indonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” sebutnya.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat, hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Dikatakannya, proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-niali Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Berkat pancasila yang berkeadilan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah.

Berkat pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Dalam konteks itulah, lanjut gubernur, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi, bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni, merupakan suatu keniscayaan.
(kia/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.