Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Kelompok Risma dan Sanggar Seni Ramaikan Ramadan dengan Lomba Musik Sahur

0 105


MUSIK SAHUR – Penampilan salah satu peserta dalam Loma Musik Sahur yang digelar Risma Jami’ Talise dan Sanggar Seni Kintata Kelurahan Talise. Foto: IMAM/PE

PALU EKSPRES, PALU – “Bukalah matamu, buka telingamu, gerakkan tubuhmu menuju ke dapur…” kalimat ini merupakan penggalan lirik lagu sahur yang digubah oleh salah satu kelompok remaja, yang mengikuti Lomba Musik Sahur se-Kota Palu, yang digelar Remaja Islam Masjid (Risma) Jami’ Talise dan Sanggar Seni Kintata Kelurahan Talise.

Lomba yang digelar selama tiga hari sejak 23 Mei 2019 tersebut, diikuti sebanyak 12 kelompok remaja, yang berasal dari Risma atau remaja anggota Sanggar Seni dari berbagai Kelurahan di Kota Palu, di antaranya dari Balaroa, Labuan Beru, Donggala Kodi, Mamboro Boya, dan Talise.

Seteiap kelompok berusaha menampilkan karya kreasi terbaiknya menggubah lagu-lagu sahur. Dalam penampilannya, kelompok-kelompok remaja tersebut turut melibatkan berbagai alat musik sederhana, seperti gitar akustik, rebana, gimba, suling, pianika, bahkan beberapa alat musik buatan dari gallon air minum dan ember plastik.

“Ini merupakan tahun kedua pelaksanaan lomba musik sahur ini. Pada tahun lalu, kita hanya menggelarnya se-Kecamatan Mantikulore, dan tahun ini dikembangkan menjadi se-Kota Palu,” jelas Ketua Risma Jami’ Talise, Abd. Aziz.

Ketua Panitia Pelaksana, Fatur Rahmat menambahkan, dari tiga hari pelaksanaan lomba, dua hari pertama merupakan tahapan semifinal yang diikuti masing-masing enam kelompok. Tiap kelompok menampilkan lagu gubahannya di halaman Kantor Kelurahan Talise, untuk selanjutnya memainkan kreatifitasnya sambil berkeliling di beberapa ruas jalan di Kelurahan Talise. Dari 12 kelompok yang tampil selama dua hari, diseleksi 6 kelompok terbaik untuk tampil pada Sabtu 25 Mei 2019.

“Jadi tiap hari kita seleksi 3 kelompok, sehingga ada 6 kelompok yang tampil di malam final,” kata Fatur.

Pada perhelatan final di halaman Kantor Kelurahan Talise tersebut, kelompok Remaja Bukit Sofa Uswatun Hasanah berhasil meraih predikat juara I, mengalahkan kelompok remaja dari Labuan Beru yang mendapat juara II dan kelompok remaja dari Baiya yang mendapat juara III.

Lurah Talise, Sarlin memberikan apresiasi yang tinggi kepada Risma Jami’ Talise serta Sanggar Seni Kintata Kelurahan Talise, yang telah menyelenggarakan event tersebut. Menurutnya, lomba musik sahur merupakan salah satu kegiatan positif yang dilakukan oleh para remaja, utamanya dalam mengisi bulan Ramadan.

“Tujuannya sebenarnya adalah bagaimana remaja Masjid atau sanggar-sanggar seni di Kota Palu itu bias saling mengenal. Sebagaimana tagline Pemkot Palu yakni ‘Morambanga Kita Marisi’. Alhamdulillah antusias warga untuk menyaksikan juga luar biasa,” ujar Sarlin.

Ia berharap kegiatan tersebut ke depannya dapat dilaksanakan juga oleh beberapa Risma atau kelompok remaja di Kelurahan-kelurahan yang ada di Kota Palu. Hal ini untuk mengarahkan dan memberdayakan para remaja dan pemuda di tiap Kelurahan untuk melaksanakan aktivitas yang positif. (abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.