Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Pendaftaran Siswa Baru di Parimo Berdasarkan Zona

0 84

Adrudin. Foto: dok

PALU EKSPRES, PARIGI– Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Adrudin Nur kepada media ini Kamis, 23 Mei 2019 menyebutkan, penerimaan siswa baru tahun ajaran 2019-2020, nantinya akan dibagi zona. Hal itu dilakukan sebagai upaya pemerataan pendidikan di wilayah tersebut.

Menurut Adrudin, proses pembagian zona pendaftaran siswa baru di Kabupaten Parimo setiap tahunnya dilaksanakan, untuk melihat satuan pendidikan baik, Sekolah Dasar (SD) maupun SMP yang berada di Kecamatan, agar dapat memenuhi jumlah peserta didik yang akan mendaftar.

Dia mengatakan, pendaftaran yang dibagi dalam zona misalnya, terdapat siswa yang berasal dari Kecamatan A untuk mendaftar di Kecamatan B, dibolehkan mendaftar disekolah terdekat.
“Seperti contoh ada siswa yang dari Parigi barat mau mendaftar sekolah di Parigi Kota, maka kami sarankan untuk mendaftar disekolah terdekat saja karena, keinginan kita bersama agar seluruh sekolah yang ada ini memiliki peserta didik,” jelasnya.

Sebab, kata dia, ada beberapa sekolah mengalami kekurangan murid. Sehingga, ini salah satu tujuan dari pembagian zona tersebut.
Dengan dilakukan pembagian seperti ini dinilai sebagai proses penyetaraan peserta didik. Sebab, menurutnya, beberapa tahun terakhir ini ada beberapa sekolah unggulan di kecamatan.
“Ada beberapa faktor yang menjadi sekolah tersebut unggul yakni, dibidang ekstrakulikuler dan akademik,”katanya.

Hal ini juga menurutnya, menjadi bahan evaluasi bagi Disdikbud itu sendiri, untuk merubah pelaksanaan penerimaan siswa baru tahun ini, selain menyurati kepala satuan Pendidikan untuk menyampaikan imbuan tersebut.
“Jadi kami akan berikan surat imbuan ke sekolah-sekolah, dalam pendaftaran tersebut, memastikan identitas siswa, agar proses ini berjalan sesuai dengan harapan bersama,” harapnya.

Ia meminta kepada para kepala sekolah untuk melakukan pendataan terhadap siswa yang telah lulus baik, SMP maupun SD. kemudian dari pihak SD melakukan pendataan di Sekolah TK. Hal ini bertujuan, agar seluruh anak di parimo tidak ada yang putus sekolah hingga jenjang bawah.
Penerimaan siswa baru yang dibagi zona ini tambahnya, merupakan bagian dari program Parimo cerdas yang telah dicetus oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Disdikbud yang diluncurkan tahun ini.(asw/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.