Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Kota Palu Dapat Tambahan Kuota 102 CJH

0 46

Ilustrasi CJH. Foto: DOK.

PALU EKSPRES, PALU – Pada musim haji tahun 1440 H/2019 M Indonesia mendapatkan tambahan kuota Calon Jemaah Haji (CJH) sebanyak 10.000 jemaah dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Dari total penambahan kuota tersebut, Provinsi Sulteng mendapatkan jatah tambahan kuota sebanyak 250 jemaah. Penambahan kuota tersebut masing-masing 50 persen bagi jemaah lanjut usia (lansia) dan pendampingnya, serta 50 persen bagi jemaah reguler berdasarkan urutan nomor porsi.
“Dari 250 tambahan kuota untuk Sulteng itu, Kota Palu mendapatkan tambahan 102 jemaah, yang sudah terdiri dari lansia dan pendamping, nomor porsi lanjut serta cadangan,” kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu, H. Muh. Isnaeni di ruang kerjanya, Kamis 23 Mei 2019.

CJH yang terdaftar pada penambahan kuota tersebut, diberikan waktu melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) pada tahap ketiga, yang dibuka pada 22-29 Mei 2019.

Isnaeni menuturkan, setelah mendapatkan data tentang CJH hasil penambahan kuota tersebut, pihak Kemenag Kota Palu langsung bergerak menghubungi seluruh CJH. Hanya saja, kata Isnaeni ditemukan beberapa kendala, salah satunya adalah adanya CJH yang telah mengganti nomor kontak dari sebelumnya pada saat pendaftaran.
“Ada beberapa yang nomor kontaknya berganti. Tapi kami coba komunikasikan dengan pihak bank tempatnya mendaftar, kemungkinan mereka punya datanya,” ujar Isnaeni.

Ia menegaskan, CJH yang telah mengetahui namanya masuk dalam penambahan kuota, harus segera melakukan pemeriksaan kesehatan tahap pertama dan kedua, untuk mendapatkan syarat istitaah sebelum melakukan pelunasan BPIH.
“Karena kalau tidak istitaah maka tidak bisa melakukan pelunasan,” tandasnya. (abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.