Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

DP3A Bersama NGO Lakukan Pendampingan Anak di Huntara

0 45

PALU EKSPRES, PALU – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Palu turut mengoptimalkan peran Forum Anak Nosarara, untuk menjalankan program pendampingan anak-anak dan remaja penyintas bencana yang tinggal di lokasi hunian sementara (huntara).

Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak DP3A Kota Palu, Mira Yuliastuti menjelaskan pendampingan tersebut dilakukan untuk mencegah kerawanan perilaku negatif yang dilakukan oleh anak-anak dan remaja di lingkungan huntara.
“Permasalahan tentang anak itu banyak, seperti penyalahgunaan narkoba serta pergaulan bebas,” kata Mira, saat ditemui, Senin 20 Mei 2019.

Forum Anak yang dibina langsung oleh DP3A Kota Palu tersebut kata Mira, membantu program dari beberapa NGO yang fokus pada program peduli anak pascabencana. Misalnya membantu program NGO SOS yang mendirikan Ruang Peduli Anak (Child Care Space) di empat titik lokasi huntara di Palu.

“Ruang Peduli Anak di huntara Petobo, Tipo serta dua di Mamboro, dibuka supaya anak-anak tidak berkegiatan negatif. Di antaranya melakukan kegiatan olahraga atau kesenian, untuk menyalurkan energi positif dari anak-anak tersebut,” jelas Mira.

Selain itu lanjut Mira, turut dibentuk pula forum anak di tingkat Kelurahan, yang diharapkan dapat menyebarkan energi positif melalui kegiatan-kegiatan bermanfaat tersebut kepada anak atau remaja lainnya yang juga tinggal di lingkungan huntara sekitarnya.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.